Dukung Penuh Usaha Kerajinan Lokal, Dekranasda Sergai Launching Website

Sei Rampah,

Menjawab tantangan era Industri 4.0, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Dekranasda Sergai) melucurkan situs www.dekranasda.serdangbedagaikab.go.id yang dilaksanakan di sela-sela kegiatan Pelatihan Kerajinan Berbahan Baku Sumber Daya Lokal di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai, Kamis (12/3/2020).

Ketua Dekranasda Kabupaten Sergai Hj. Marliah Soekirman menyebut, digitalisasi merupakan aspek yang tidak bisa dihindari jika ingin bersaing di bidang enterpreneurship dewasa ini. “ Publikasi dan pemasaran produk tentu sudah tidak efektif dan efisien lagi jika hanya mengandalkan cara lama. Diperlukan keterlibatan teknologi informasi agar cakupan pengenalan produk ke masyarakat jadi makin luas dan variatif,” kata Hj. Marliah di hadapan hadirin yang antara lain Ketua GOPTKI Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat dan para narasumber.

“ Dengan website ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui informasi perihal produk-produk kerajinan di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Kami juga mengharapkan lewat website ini para pelaku industri kerajinan dan masyarakat pada umumnya dapat lebih sadar potensi produk kerajinan dan bisa ikut turut serta melirik industri ini sebagai sumber pendulang provit,” lanjutnya.

Secara detail, Hj. Marliah menerangkan jika situs Dekranasda berisi profil Dekranasda Kabupaten Sergai, beberapa produk unggulan yang akan rutin bertambah dan data update jumlah pelaku usaha kerajinan di Sergai.“ Sampai hari ini sudah terdata sebanyak 883 usaha kerajinan yang telah memberdayakan sebanyak 4.104 pekerja. Data detail ke-883 usaha ini dapat diakses di situs Dekranasda,” ijarnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sergai ini juga optimis pasca membaurnya teknologi dalam proses publikasi dan pemasaran produk kerajinan lokal mengingat sebelumnya Pemkab Sergai juga sudah lebih dulu me-launching situs e-commerce bagi pelaku UMKM Sergai lewat situs hopeshop.id yang diluncurkan langsung oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman  bertepatan dengan HUT Sergai ke-16 lalu.

“ Di situs hopeshop.id, masyarakat terkhusus pelaku UMKM dapat memasarkan produk secara online yang tentunya menjadikan transaksi ekonomi jadi makin praktis dan jangakuannya lebih luas. Dipadukan dengan situs Deskranasda, tentu besar harapan kita bidang kerajinan di Kabupaten ini semakin maju kedepannya,” pungkasnya. MC Sergai Vivi/Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *