Bagian Kerjasama Siap Dukung Percepatan Pembangunan di Sergai

Sei Rampah,
Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Setdakab Sergai) dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Serdang Bedagai Nomor 59 Tahun 2019 tentang Perubahan Keempat atas Perubahan Bupati Serdang Bedagai Nomor 39 Tahun 2016 tentang rincian tugas dan fungsi jabatan pada Sekretaiat Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Inspektorat Kabupaten Serdang Bedagai.

Latar Belakang dibentuknya Bagian Kerjasama ini dikarenakan tuntutan reformasi dan desentralisasi sebagai bentuk paradigma pembangunan bergulir sejak tahun 1998 dan ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah yang kemudian diganti dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004. Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah secara spesifik mendelegasikan wewenang pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk menentukan dan menjalankan kebijakan pembangunan di daerah masing-masing.

Hal ini menciptakan fungsi dan tanggung jawab baru bagi pemerintah daerah untuk bekerja keras dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah sekaligus sebagai peluang untuk secara mandiri dan kreatif mengembangkan daerahnya masing-masing.

Kepala Bagian Kerjasama Drs Jon Lukman, MM, saat di ruang kerjanya, Jumat (13/3/2020) menyampaikan bahwa meski tergolong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru, namun jajarannya siap dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi untuk membantu pimpinan dalam hal percepatan pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Pada tanggal 14 Februari lalu, lanjut Jon Lukman, kerjasama yang telah terlaksana seperti Kesepakatan Bersama antara Pemkab Sergai dengan Kejaksaan Negeri Sergai dalam bentuk kerjasama berupa pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum lainnya dalam bidang perdata dan tata usaha negara di Kabupaten Sergai. Kemudian masih dibulan yang sama, tepatnya pada tanggal 17 Februari 2020 dilakukan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Binjai dengan Pemkab Sergai dalam bentuk percepatan pembangunan daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kabag Kerjasama menjelaskan, masih ditanggal yang sama dilakukan juga kesepakatan bersama antara Pemkab Sergai dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dalam bentuk pengembangan dan peningkatan kualitas lembaga, dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Sergai dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya dalam bentuk kerjasama Pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

Terakhir, pada 11 Maret 2020 dilakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Utara antara Pemkab Sergai dalam bentuk Pelayan Kekayaan Intelektual yang dilakukan oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman diwakili Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra Hj Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, pungkas Kabag Kerjasama Jon Lukman.(Mc/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *