Pembangunan BPP, Untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

Serbajadi,

Dalam menjalankan kegiatan/usaha apapun, terdapat tiga hal yang harus kita lakukan yaitu berdoa, berusaha dan bersyukur (3B). Berdoa karena semua dimulai dari niat, seperti halnya kita hari ini niatnya adalah turun benih sebagai bentuk kesyukuran dan permohonan agar hasil pertanian kita berkah dan sesuai harapan, kata Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman disela-sela kegiatan Turun Benih (Jamu Ladang) masa tanam sekaligus Penyerahan Tanah Lahan untuk Pembangunan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Dusun VIII Desa Pulau Gambar Kecamatan Serbajadi, Senin (16/3/2020).

Kemudian Bupati melanjutkan, selain berdoa, kita juga harus berusaha, dalam hal ini dengan memanfaatkan sawah dan pekarangan yang ada di Pulau Gambar sebagai wujud  masyarakat yang rajin, dan kreatif. Sejak tahun 2000 lalu daerah ini mengalami kesulitan pengairan hingga berimbas turunnya pendapatan petani. Sejak pemerintahan Erry-Soekirman dibenahi dan akhirnya pengairan bagi lahan masyarakat hingga sekarang telah terpenuhi dengan baik, kata Bupati.

Hal ini tentu sejalan dengan program Jokowi-Maruf Amin yaitu menciptakan SDM Unggul, untuk dunia Pertanian melalui Kementerian Pertanian dan telah dibentuk Kostratani mulai dari tingkat desa hingga pusat agar peningkatan SDM dapat segera terwujud. “ Maka Pulau Gambar kita daulat sebagai pusat Kostratani untuk Kecamatan Serbajadi, Kotarih dan Silinda, terlebih dengan nantinya akan dibangun BPP Pulau Gambar,” ujarnya.

Terakhir adalah, kita harus bersyukur. Seperti yang kita lakukan hari ini dengan kegiatan Jamu Ladang dan turun benih, agar kiranya dengan kesyukuran ini dapat mewujudkan cita-cita kita bersama, rakyat cukup sandang, rakyat cukup pangan, dan rakyat cukup terjamin kesehatannya, ungkap Soekirman.

Dilain hal Bupati menyebut, seluruh dunia saat ini tengah dirundung kekhawatiran atas penyebaran virus Corona yang telah menjadi bencana nasional hingga dunia. Untuk itu disampaikan kepada masyarakat agar dapat memahami apa itu Corona, cara penyebaran dan cara penanggulangannya. Dengan demikian kita dapat bertindak bijaksana untuk menghindari, juga bertindak cepat jika terdapat potensi munculnya penyakit tersebut, agar jangan panik namun tetap waspada, tandas Bupati Sergai.

Sebelumnya Kades Pulau Gambar, Mimbar menyampaikan bahwa Kelompok tani, Gapoktan dan unsur masyarakat mengadakan musyawarah turun benih pada 15 Maret 2020 lalu. Dalam musyawarah tersebut, disepakati untuk pelaksanaan turun benih tahun 2020 pada hari ini. “ Merupakan kehormatan bagi kami kepada Bupati agar dapat memulai tabur benih perdana pada hari ini.

Berikutnya dengan bangga dan ikhlas kami atas nama masyarakat Desa Pulau Gambar menyerahkan hibah lahan seluas 1.131 M2 kepada Pemkab Sergai untuk pembangunan kantor BPP Kecamatan Serbajadi, Kotarih dan Silinda. Semoga dengan terbangunnya kantor BPP ini dapat memudahkan segala urusan petani dan para penyuluh sehingga lebih intens memperhatikan tanaman pertanian masyarakat khususnya penyakit tanaman dan metode pengembangan komoditi tanaman yang sedang ditanam masyarakat, tukas Mimbar.

Kegiatan diisi dengan penyerahan hibah tanah dari masyarakat Desa Pulau Gambar kepada Pemkab Sergai, tabur benih, dan penanaman pohon disekitar areal hibah tanah.

Turut berbaur dalam acara, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Ridwan Effendi Gultom, Camat Serbajadi M. Kahar Effendi beserta Muspika,Tenaga Penyuluh, Gapoktan, Kelompok Tani, para undangan serta masyarakat sekitar. MC Sergai/vivi/rini

432 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *