Panen Raya di Dolok Masihul Bersama Wabup Sergai

Dolok Masihul,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Darma Wijaya, menghadiri panen raya ubi dan padi di Lingkungan VIII Kampung Merdeka Kelurahan Pekan Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul, Minggu (15/3/2020).

Pada sambutannya, Darma Wijaya menyampaikan selamat kepada para petani atas hasil panen yang diperoleh. “Walau mayoritas lahan di Kabupaten Sergai adalah perkebunan, namun sektor pertanian juga tetap jadi perhatian Pemkab Sergai. Pelaksanaan panen raya ini jadi momentum bagi kita untuk semakin sadar jika potensi pertanian di Sergai patut untuk diperhitungkan,” katanya.

Sebagai seorang yang juga menggeluti dunia pertanian, Wabup berharap kegiatan panen raya di Kelurahan Pekan Dolok Masihul ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat petani Tanah Bertuah Negeri Beradat, terutama untuk peningkatan produksi padi.

Darma Wijaya menambahkan jika pertanian juga menjadi salah satu unsur utama dalam program yang  sedang digalakkan oleh Pemkab Sergai yang termaktub dalam PATAYA (Pangan, Pertanian dan Budaya). “ Kami sudah, sedang dan akan memaksimalkan bidang pertanian lewat baurannya dengan lini pangan dan budaya. Kolaborasi ini bisa menghasilkan produk pariwisata berupa destinasi yang berpotensi menarik minat wisatawan, baik lokal, nasional hingga para pelancong luar negeri. Yang paling anyar adalah lewat pelaksanaan Wisata Tani yang melibatkan masyarakat desa dengan seluruh kearifan lokal yang eksis di sana, terutama budaya dan pertanian,” terang Wabup.

Selain itu, Wabup juga mencontohkan wisata Panteng Kleset yang merupakan hasil positif berbaurnya sektor tani dan budaya yang dapat dijadikan sebagai objek wisata yang menarik dan saat ini terus dikembangkan bersama destinasi lainnya seperti Toh Joyo, peternakan kambing etawa dan beberapa titik lokasi lainnya.

“ Kedepan bukan tidak mungkin daerah-daerah lain yang jadi lumbung pangan pertanian kabupaten, termasuk Kecamatan Dolok Masihul, dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. Apalagi Desa Huta Nauli juga merupakan salah satu dari lima daerah di Sergai yang dicanangkan sebagai Kampung Budaya dengan statusnya sebagai Kampung Budaya Batak,” harap Wabup.

Pada kesempatan yang sama PT. Binagro Yustino yang bergerak di bidang produksi pupuk mengadakan bakti sosial berupa pemberian tali asih bagi masyarakat kurang mampu, sosialisasi sekaligus pemasaran produk pupuk unggulan bagi petani di Dolok Masihul.

Turut hadir dalam kegiatan panen raya ini mewakili Camat Dolok Masihul, Lurah Pekan Dolok Masihul, tokoh agama, tokoh masyarakat, petani padi dan ubi di Kecamatan Dolok Masihul serta masyarakat lainnya. MC Sergai/vivi/ardi

803 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *