Soekirman Harap Sergai – JCI Chapter Medan Jalin Simbiosis Mutualisme 

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menerima audiensi  perwakilan Junior Chamber International (JCI) Chapter Medan di Ruang Rapat Bupati Sergai, Selasa (17/3/2020). JCI Medan yang diwakili langsung oleh President Junior JCI, Tengku Ryan Novandi, disambut oleh Bupati Soekirman dan jajarannya yang antara lain Asisten Ekbangsos Ir. H Kaharuddin, MM, Kadis Poraparbud Sudarno, S.Sos, dan Kadis Lingkungan Hidup Panisean Tambunan, S.Sos.

Saat menyampaikan sambutannya, Soekirman memberi apresiasi atas keberadaan JCI yang merupakan organisasi federasi dunia yang berisi profesional dan wirausaha muda dengan rentang usia 18-40 tahun. “Kami berharap Kabupaten Sergai dapat menjalin simbiosis mutualisme dengan JCI selaku organisasi yang diisi oleh banyak enterpreneur. Sergai masih memerlukan asupan investor. Tentu para investor dan suntikan dana investasi yang dibawanya akan sangat berguna bagi kemaslahatan masyarakat Sergai,” kata Bupati.

Yang paling utama, lanjutnya lagi, adalah menciptakan lapangan pekerjaan dan menyerap Sumber Daya Manusia (SDM) lokal sehingga mengurangi angka pengangguran. Kemiskinan juga bisa ditekan jika iklim investasi di suatu daerah sehat secara kualitas dan kuantitas.

“Banyak sektor yang bisa dieksploitasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, terutama di bidang pertanian dan peternakan. Apalagi saat ini kami sedang menggalakkan program PATAYA yang di dalamnya mencakup bidang pangan, pariwisata dan budaya. Ketiga aspek tersebut jika dioptimalisasikan dengan baik lewat sinergitas antara Pemkab, masyarakat dan investor tentu akan menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa,” terangnya.

Untuk itu, Bupati berharap kehadiran perwakilan JCI Medan hari ini dapat memperkenalkan potensi Kabupaten Sergai ke hadapan para pengusaha muda yang tergabung dan menjadi member dalam organisasi tingkat internasional ini.

Sementara itu Tengku Ryan Novandi menyebut meskipun Sergai merupakan Kabupaten pemekaran yang masih berusia muda, namun daerah ini memiliki potensi yang menjanjikan untuk dikembangkan oleh para pengusaha. Apalagi dirinya punya ikatan khusus dengan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat mengingat Ayahnya, Tengku Erry Nuradi, pernah menjabat sebagai Bupati Sergai untuk 2 periode sejak 2005 sampai 2013.

“Itulah salah satu hal yang mendasari kami memilih Pantai Cermin sebagai lokasi pelatihan JCI Academy yang pada awalnya direncanakan akan dilaksanakan pada 26 Maret, namun dikarenakan merebaknya isu Corona dan sebagai aksi preventif, kami akhirnya mengundur kegiatan tersebut menjadi tanggal 21-24 Agustus mendatang,” katanya.

Tengku Ryan menyebut, JCI Chapter Medan berencana menggelar kegiatan bersih pantai untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem dan lingkungan pantai yang berdampak luas tidak hanya bagi kesehatan namun peningkatan nilai ekonomi lewat potensi pariwisata. MC Sergai/vivi/ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *