Perkuat Sinergitas Hadapi COVID-19, Pemkab Sergai Gelar Rapat Koordinasi

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP mengikuti Rapat Lanjutan Penanganan Perkembangan Corona Virus Disease (Covid-19) yang dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (20/3/2020) petang.

Rapat ini disebut Sekdakab sebagai langkah untuk semakin menyatukan persepsi terkait penanganan pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini menjadi penting agar tidak muncul multi-tafsir terhadap isu-isu yang berkembang, baik yang sifatnya global maupun lokal sehingga masyarakat dapat menerima informasi yang valid.

“Setelah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melaksanakan rapat dengan seluruh pemerintah daerah (kabupaten/kota), secara intensif kita melakukan komunikasi dan selalu update informasi. Bupati bahkan sudah membentuk grup WhatsApp Waspada Covid-19 sehingga pihak-pihak terkait bisa segera memperoleh informasi terkini. Ini besar perannya bagi kita dalam merancang dan mengambil kebijakan kedepan,” jelas Faisal.

Sekdakab Sergai pun menginformasikan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Sergai pasca meningkatnya status Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menjadi siaga darurat. Atas dasar tersebut Sergai kemudian mengambil kebijakan mengalihkan kegiatan belajar-mengajar ke rumah masing-masing siswa selama 14 hari sampai tanggal 3 April.

“Pada tanggal 16 Maret kami juga sudah mendorong BPBD Sergai untuk membuat surat Gugus Tugas yang di dalamnya terdapat unsur Forkopimda Sergai yang dikomandoi langsung oleh BPBD,” katanya.

Sekdakab melanjutkan, sinergi antara Pemkab dengan Forkopimda hingga saat ini berjalan baik dan diharapkan koordinasi ini dapat mempermudah dalam hal penanganan dampak Covid-19, misalnya saja penggunaan dana dan izin perangkat kesehatan dalam keadaan darurat agar mendapat jaminan jika tindakan tersebut tidak melanggar hukum.

“Untuk diketahui jika Kabupaten Sergai perlu berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal penggunaan dana perubahan agar dialihkan ke anggaran gawat darurat karena untuk saat ini anggaran penanggulangan bencana Kabupaten per tahun masih terhitung minim,” terangnya.

Secara khusus Sekdakab meminta kepada unsur pelaksana dari Tim Gugus Tugas terkhusus Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Sultan Sulaiman agar menyampaikan proposal anggaran yang berisi kebutuhan vital dalam rangka penanggulangan bencana ini. “Kami juga mengimbau kepada seluruh petugas untuk maksimal sekaligus berhati-hati dalam penggunaan dana karena kita bertanggung jawab penuh kepada masyarakat demi kemaslahatan umum. Hasilnya pun akan secara transparan dilaporkan kepada masyarakat.”

Faisal menyarankan bagi rumah ibadah terkhusus masjid dan para ASN agar menerapkan pola pencegahan penyakit secara serius.

“ Kami imbau agar rumah ibadah khususnya Masjid untuk secara rutin membersihkan karpet dan mensterilkan lantai dengan desinfektan. Rumah ibadah juga harus berperan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal pelaksanaan pola hidup bersih dan sehat. Kepada ASN dan Tenaga Kontrak kami juga menganjurkan agar meluangkan waktu keluar ruangan mulai dari pukul 10 sampai 11 untuk berjemur. Selain itu pintu dan jendela kantor agar beberapa saat dibuka supaya sirkulasi udara terjaga. Informasi ini juga bersama-sama kita sampaikan kepada seluruh Kecamatan hingga desa,” imbuhnya.

Sedangkan di jajaran Pemkab Sergai, untuk membatasi rapat-rapat tatap muka, saat ini sudah memulai dilakukan rapat dengan teleconfrence melalui hp android dengan memanfaatkan aplikasi ZOOM. Seperti yang terjadi saat ini, dilakukan teleconfrence peserta rapat dengan Bupati Sergai, Ir H Soekirman, pungkas Faisal Hasrimy.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum menyampaikan jika institusi Polri telah menggelar Operasi Aman Nusa II sebagai respons menghadapi pandemi Corona.

“Kepolisian terus melakukan update terhadap perkembangan bencana nasional ini. Namun dengan adanya tantangan ini, sinergitas Pemkab dan Polres Sergai harus semakin kuat.”

Robin menambahkan, pihaknya sudah memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk ikut membantu hingga tingkat Desa dalam hal pencegahan dan penanggulangan virus Corona. Jajaran Polri akan bekerja maksimal dalam menghadapi bencana ini, namun pihaknya harus tetap berhati-hati dalam melaksanakan SOP agar tidak membahayakan diri personil.

“ Yang terpenting adalah sinergitas dan distribusi informasi kepada masyarakat harus jelas sehingga tidak menciptakan kegaduhan. Kami akan sungguh-sungguh bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangan Polri. Para pihak yang terlibat dalam Gugus Tugas ini juga harus jelas dan saya mohon jangan ada kata hari libur. Kita wajib terus mengikuti perkembangan dan menyampaikan kepada masyarakat,” tutup Robin.

Rapat ini juga dihadiri oleh OPD terkait sebagai bagian dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai. MC Sergai Vivi/Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *