Cegah Covid-19, Sekdakab Sergai Imbau ASN Berjemur Guna Tingkatkan Imunitas Tubuh

Sei Rampah,

Berbagai upaya preventif yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) terkait dengan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang tengah merebak diberbagai daerah di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan dijajaran Pemkab Sergai adalah dengan melakukan kegiatan berjemur di bawah paparan sinar matahari.

Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP,  saat bersama seluruh ASN berjemur di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (20/3/2020), mengimbau untuk melakukan kegiatan jemur diri guna tindakan Preventif Covid-19. ” kegiatan hari ini adalah bentuk pencegahan virus corona, karena dengan cara ini, dapat meminimalisir penyebaran Covid-19,” katanya.

Faisal juga menyebut, kegiatan berjemur ini dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi para ASN. Hal itu juga sebagai bentuk sosialisasi pengurangan resiko terinfeksi Covid-19. ” Inisiatif kegiatan berjemur ini dilakukan setelah mendapat masukan dan informasi dari berbagai sumber, dan diharapkan hasilnya dapat mengurangi penyebaran penyakit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” jelasnya

 

Sekda mengutarakan, menurut sebuah penelitian yang tercatat dalam American Journal of Clinical Nutrition, bahwa mendapatkan dosis sinar matahari sebelum pukul 11.00, akan meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian dapat memenuhi kebutuhan vitamin D, serta paparan sinar matahari bisa meningkatkan jumlah sel darah putih dalam darah, sehingga membantu untuk menghancurkan kuman pada tubuh. Sinar matahari juga mendorong sirkulasi yang sehat dan merangsang produksi lebih banyak sel darah merah yang bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah, jelas Faisal.

Selain kegiatan berjemur, Sekdakab Sergai juga mengajak seluruh ASN dan masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat serta istirahat yang cukup. Oleh karenanya, kepada seluruh ASN dan masyarakat agar mengikuti hal yang serupa yaitu berjemur mulai dari pukul 08:00 hingga pukul  11:00. Waktu ini merupakan waktu terbaik bagi kita untuk berjemur sekaligus menghindarkan diri dari penyebaran covid 19.

” Tetap semangat, tetap  jaga kesehatan, mari sama-sama kita mencegah,  biarkan kami berada di kantor dan  masyarakat tetap berada di rumah mengisolasi diri,” pungkasnya. (MC/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *