Wabup Darma Wijaya: “Masyarakat Tetap di Rumah, Kami Tetap Bekerja Untuk Anda”

Sei Rampah,

“ Bagi masyarakat yang ingin mengajukan pengurusan dokumen kependudukan, kami imbau tetap di rumah saja karena layanan kependudukan dan catatan sipil tetap siap melayani secara online,” ucap Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Darma Wijaya saat melakukan pemantauan proses pendaftaran online dokumen kependudukan  via WhastApp (WA)  di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sergai di Sei Rampah, Selasa (31/3/2020).

Wabup Darma Wijaya mengatakan bahwa penerapan layanan online ini dilaksanakan karena komitmen Pemkab Sergai dalam menjaga pelayanan publik yang harus tetap berjalan meski dimasa penanggulangan dan pencegahan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Hal ini  mengharuskan pola kerja OPD mengalami penyesuaian termasuk dengan meniadakan kegiatan yang menciptakan kerumunan atau keramaian dan memperketat penerapan jarak fisik (physical distancing).

“Sesuai dengan Surat Edaran Bupati, per tanggal 26 Maret 2020, ASN dan Tenaga Kontrak di lingkungan Pemkab Sergai menjalankan kebijakan “Bekerja dari Rumah” atau “Work from Home”. Kebijakan ini membuat OPD harus mengurangi kegiatan kerja di lingkungan kantor untuk memutus rantai penyebaran pandemi Corona. Namun kami pastikan pelayanan tetap berjalan semaksimal mungkin, termasuk di Dinas Dukcapil, yang tetap menyiapkan personil standby bekerja di kantor.”

Wabup menginformasikan jika Disdukcapil mengalihkan pengurusan dokumen kependudukan dari  pengajuan fisik ke layanan dalam jaringan (daring). “Dukcapil sudah menyiapkan 4 nomor layanan untuk mengajukan pengurusan dokumen kependudukan. Bagi masyarakat yang ingin mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI), dapat menghubungi ke nomor 0852-6180-8268 atau 0858-3321-8928. Untuk pengurusan Akta Perkawinan hubungi nomor 0813-9797-2122. Lalu untuk pengurusan Akte Kelahiran atau Kematian bisa dikontak di 0852-9677-7546. Selanjutnya bagi yang ingin melakukan sinkronisasi data silakan hubungi 0812-6502-2004. Terakhir untuk masyarakat yang ingin mengurus KTP Elektronik, bisa hubungi 0852-6180-8268,” teragnya.

Agar lebih tertata, Wabup meminta masyarakat yang ingin mengajukan pengurusan mengirimkan pesan dengan format yang sudah ditentukan. “Jika ingin mengajukan pengurusan dokumen, silakan mengirimkan pesan yang berisikan nama, alamat dan dokumen yang ingin diurus atau apa kepentingannya. Selain itu, masyarakat yang ingin mengajukan pengurusan dokumen harus melampirkan foto dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk masing-masing urusan lewat pesan WA yang sama. Jika dokumen sudah selesai diproses, kami akan menginformasikan dan masyarakat dapat mengambil langsung ke Dinas Dukcapil sembari membawa dokumen persyaratan asli, “ ungkap Wabup.

Darma Wijaya mengatakan jika Pemkab membutuhkan kerja sama dan sinergitas dengan masyarakat untuk mampu menghadapi pandemi yang sudah digolongkan sebagai bencana nasional ini. Masyarakat bisa membantu kami dengan menerapkan secara maksimal anjuran protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“ Saat ini Kantor Disdukcapil tidak seramai seperti biasa, tampaknya masyarakat sudah memahami untuk melakukan pengurusan dokumen secara online demi menjaga pandemi Covid-19, paling hanya beberapa orang saja yang datang silih berganti untuk mengambil dokumen yang telah selesai,” pungkas Wabup Sergai. (MC Sergai/Vivi/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *