Tanggulangi Dampak Covid-19, Dana Desa di Sergai Akan Disalurkan Dalam Bentuk BLT

Sei Rampah,

Merespons kebijakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP menggelar rapat pendataan masyarakat Calon Penerima BLT dari Dana Desa di ruang rapat Sekdakab, Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (20/4/2020).

“Seperti yang kita ketahui bersama sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT (Permendes) Nomor 11 Tahun 2020 dengan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Program Padat Karya Tunai Desa, Kemendes PDTT menerapkan kebijakan di mana masing-masing kepala keluarga yang sesuai kriteria akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan.

Sekdakab melanjutkan jika BLT yang bersumber dari Dana Desa ini diprioritaskan bagi masyarakat yang belum ter-cover oleh program dari Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Pra-kerja, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) atau bantuan dari pemerintah lainnya. Selain itu, lanjut Faisal, sesuai dengan instruksi Mendes PDTT agar bantuan tidak diberikan dalam bentuk sembako tetapi berupa uang.

“Bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat agar diutamakan distribusinya lewat transfer bank (non-cash), namun kalau tidak memungkinkan boleh secara tunai. Yang penting bisa sampai ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan bisa pula dipertanggungjawabkan,” katanya lagi.

Di samping itu, Sekdakab juga menyatakan jika Menteri memberi saran agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa menyediakan bahan-bahan pokok kebutuhan warga desa. Hal ini bertujuan agar penerima BLT Dana Desa dan masyarakat desa setempat tidak perlu keluar desa untuk mencari kebutuhan pokok sehari-hari.

“Kebutuhan pokok seperti beras, gula, telur dapat dibeli oleh masyarakat penerima BLT di BUMDes sehingga dana dapat berputar di desa, tidak dibelanjakan keluar, dan tentunya sedikit banyak dapat membantu menghidupkan perekonomian desa itu sendiri selama kondisi bencana seperti saat ini,” pungkasnya.

Terakhir Sekdakab meminta kepada Camat dan jajaran agar dapat segera mungkin berkoordinasi dengan para Kepala Desa supaya dilakukan pendataan dengan baik sehingga pemberian bantuan ini dapat sampai tepat waktu dan juga tepat sasaran.

Turut hadir dalam kegiatan ini Para Kepala OPD serta Camat se-Kabupaten Sergai.(MC/Sergai/Nurul/Ardi)

484 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *