Pemkab Sergai Keluarkan Surat Edaran Penyesuaian Jam Kerja ASN

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melakukan penyesuaian jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Bupati Sergai No. 18.33/800/2301/2020 tentang “Penetapan Jam Kerja pada Bulan Ramadhan 1441 Hijriah di Lingkungan Pemkab Sergai” per tanggal 23 April 2020.

“SE ini didasarkan pada SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) No. 51 Tahun 2020 Tentang “Penetapan jam kerja pada bulan ramadhan 1441 Hijriah bagi ASN di lingkungan instansi pemerintah”,” kata Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, saat ditemui di ruang kerjanya di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, (24/04/2020).

Adapun penyesuaian yang dilakukan yaitu pada hari Senin sampai Kamis jam kerja dimulai dari pukul 8 pagi sampai 3 sore dengan waktu istirahat pukul 12.30 WIB sampai jam 13.00 WIB. Sedangkan pada hari Jumat kerja dimulai dari jam 8 pagi sampai pukul 15.30 dengan durasi istirahat selama  satu jam mulai pukul 12.15 sampai 13.15.

Keluarnya SE ini, lanjut Sekdakab, juga didasari pada SE Menpan-RB No. 19 tahun 2020 tentang penyesuaian jam kerja ASN dalam upaya pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang kemudian diubah dalam SE No. 50. “Jadi penyesuaian ini juga didasarkan pada upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan pemerintahan baik bagi ASN yang menunaikan tugas di rumah masing-masing (work from home) atau bagi mereka yang tetap standby di kantor,” jelasnya.

Faisal kemudian menambahkan, bagi unit kerja yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan Unit Pelayanan sejenis yang pelaksanaannya diatur dengan tugas jaga/shift agar menentukan sendiri jam kerja ASN di jajarannya masing-masing. “Hal ini dibuat dengan harapan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya meskipun di tengah kondisi pandemi,” sebutnya.

Terakhir Sekdakab juga menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa bagi segenap ASN dan seluruh masyarakat Kabupaten Sergai yang menjalankannya. “Insya Allah, ibadah kita menjadi berkah dan dapat memperkuat keimanan  dalam menghadapi tantangan nasional yang sedang terjadi,” tutupnya.(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *