Posko Gugus Tugas Sergai Terima Bantuan dari Pemprovsu dan JMKT

Sei Rampah,

Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) secara simbolis menerima bantuan sembako dari Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang diserahkan oleh perwakilan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provsu, Drs. H Mhd Fitriyus SH MSP, bertempat di Posko Gugus Tugas, Rumah Dinas Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (19/05/2020).

Dalam sambutannya, Ir. H. Soekirman selaku ketua Tim Gugus Tugas mengucapkan terima kasih dengan tibanya bantuan dari Pemprovsu yang sejak beberapa hari yang lalu sudah mulai dialokasikan ke posko, bahkan kemarin telah diberangkatkan ke Kecamatan Bandar Khilafah dan Bintang Bayu.

“Untuk proses penyaluran atau distribusi bantuan akan diserahkan kepada Koperasi Kartika Kodim 0204/DS serta Primkoppol Polres Sergai yang diproses di gudang logistik yang telah ditetapkan. Tabel pengiriman sembako sudah kita sebar ke jajaran OPD dan pihak terkait sehingga dapat diketahui hari ini kemana saja bantuan tersebut disalurkan,” kata Soekirman.

Rasa syukur dan apresiasi juga disampaikan Wakil Bupati Sergai, H. Darma Wijaya, karena pihak Pemprovsu ikut hadir memantau dan memberikan masukan positif. “Kelihatannya banyak sekali pihak yang ingin mengetahui progres penyaluran bantuan ini dan kita menjamin proses penghimpunan dan distribusi dilakukan dengan metode yang sesuai dengan instruksi KPK yaitu efektif, transparan dan akuntabel,” pungkas Wabup Darma Wijaya.

Sementara itu membuka sambutannya, H. Muhammad Fitriyus menyampaikan salam dari Gubernur Sumut H. Eddy Rahmayadi (yang juga merupakan Ketua Tim Gugus Tugas Provsu) kepada Bupati Soekirman.

Ia kemudian menjelaskan jika bantuan yang hari ini tiba sebagaimana yang dilaporkan adalah sebanyak 51.084 paket dengan nilai total sebesar 11,4 miliar rupiah.

“Perhitungannya adalah sesuai Surat Edaran (SE) KPK dan SE beberapa Kementerian berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dari hasil pendataan DTKS yang masuk, didapatkan data warga Sumut yang belum mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial lebih kurang 1.300.000 KK. Jumlah itu menjadi dasar kita memberikan bantuan dengan jumlah 51.084 KK berdasarkan data awal ke Kabupaten Sergai. Jika mungkin nanti di lapangan ada kekurangsesuaian data, maka untuk itu akan dilakukan perbaikan lagi sebagai bentuk update,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan, Pemprovsu konsekuen melaksanakan SE Menkeu dan Mendagri perihal alokasi anggaran atau refocusing untuk penanganan Covid-19. “APBD Pemprovsu tahap 1, 2 dan 3 dialokasikan sejumlah 1,5 triliun guna memastikan jaminan sosial dan untuk tahap pertama ini dialirkan sebesar 300 miliar. Kemudian kita juga siapkan antisipasi dampak ekonomi para pengusaha dan UMKM serta meminta kerjasama dari Kepala Daerah agar ikut serta mengalokasikan anggaran untuk sektor yang sama,” tutupnya.

Kegiatan serah terima ini juga dilanjutkan dengan peninjauan gudang logistik penyaluran sembako yang berlokasi di Desa Sei Bamban dan Desa Firdaus.

JMKT Serahkan 450 Paket Sembako

Di hari yang sama, PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) juga menyerahkan paket bantuan kepada warga Sergai yang terdampak pandemi Covid-19 lewat Posko Gugus Tugas.

Bupati Sergai menyampaikan terima kasih atas perhatan besar JMKT terhadap beban yang dihadapi masyarakat akibat bencana nasional non-alam ini.

“Bantuan dari JMKT merupakan kontribusi yang berarti bagi masyarakat sekaligus sinergitas yang penting dengan Pemerintah Kabupaten. JMKT semakin menambah jumlah pihak atau donatur yang ikut mengulurkan tangan, berempati atas kondisi bencana yang dihadapi masyarakat saat ini. Sampai bulan April sendiri tercatat sudah ada 62 donatur yang mempercayakan Posko Gugus Tugas untuk mengalirkan bantuan ke 138 kelompok masyarakat. Semua data perihal masuk dan keluarnya bantuan ke Posko pun tercatat secara akuntabel dan transparan,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya berharap semoga pandemi ini segera berakhir, agar banyak hal yang dapat dilakukan oleh seluruh pihak untuk segera memulihkan perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat. “Dan kepada Jasamarga, terima kasih sekali lagi kami ucapkan. Semoga kiranya bantuan yang diberikan mendapatkan balasan dari Allah, perusahaan tetap maju berjaya dan kembali pulih dari dampak Pandemi ini,” pungkas Darma Wijaya.

Sementara itu Dirut JMKT, Teddy Rosady, menginformasikan, secara keseluruhan PT JMKT menyalurkan bantuan sekitar 2.000 paket Sembako di beberapa wilayah mulai dari Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Sergai. “Mungkin apa yang kami berikan tidak besar secara kuantitas, tetapi saya yakin jika kita bersama-sama maka semua kesulitan di wilayah kita akan bisa kita atasi bersama. Bantuan yang kami berikan ini totalnya sejumlah 450 paket sembako yang berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg, sarden 1 kaleng, tepung terigu 1 kg, mie instan 5 bungkus untuk masing-masing paket,” tutupnya.

Kedua kegiatan penyerahan bantuan ini sendiri diikuti oleh unsur Forkopimda, Anggota DPRD Sumut Dimas Triadji, S.Ikom, Sekdakab H.M. Faisal Hasrimy AP, MAP, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Direktur Keuangan Trisnadi Wendaris, GM Keuangan dan SDM Andree Iskandar beserta jajaran. (MC/Sergai/Ardi)

696 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *