Cegah Pandemi Covid di Lingkungan Kerja, Gugus Tugas Sergai Lakukan Upaya Preventif

Sei Rampah,

Bertambahnya jumlah korban positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang bahkan sudah menjangkiti salah satu ASN Pemkab Sergai, disikapi dengan cepat oleh Tim Gugus Tugas dengan serangkaian upaya preventif. Dalam keterangannya saat ditemui di Posko Gugus Tugas, Sei Rampah, Kamis (04/06/2020), Drs. H. Akmal, AP, M.Si selaku Juru Bicara Gugus Tugas menyampaikan jika sudah dilakukan berbagai langkah penanganan di lingkungan Pemkab Sergai untuk memastikan tidak ada penyebaran lanjutan akibat kontak fisik korban dengan lingkungan kerjanya.

“Tim Gugus Tugas lewat unsur Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai sudah dan akan terus melakukan berbagai langkah pencegahan dan penanggulangan untuk memutus rantai penyebaran,” jelas Akmal.

Beberapa langkah yang dijalankan, lanjut Akmal, antara lain dilakukannya prosedur disinfeksi dengan menggunakan cairan disinfektan oleh BPBD yang melakukan prosedur sterilisasi ke seluruh ruangan OPD di lingkungan Pemkab Sergai.

“ Walau Pemkab menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (wfh), namun ASN dan tenaga kontrak masih bekerja di OPD masing-masing sesuai dengan jadwal gilir yang ditentukan, sehingga lalu lintas orang masih terjadi, apalagi ASN Pemkab yang berdomisili di luar Sergai jumlahnya juga tidak sedikit. Hal tersebut tentu meningkatkan peluang adanya transmisi virus yang terbawa ke lingkungan kerja. Lewat prosedur disinfeksi, kita harapkan secara cepat dan efektif dapat meminimalisir rantai penyebaran,” terang Kadis Kominfo lagi.

Selain disinfeksi dengan penyemprotan cairan disinfektan oleh BPBD, lanjut Akmal, Tim Gugus Tugas lewat Dinas Kesehatan Sergai juga kembali mengadakan kegiatan senam perenggangan di lingkungan Pemkab Sergai mulai tanggal 2 Juni lalu.

“Tidak sekadar disinfeksi saja, Tim Gugus Tugas juga meminta agar segenap unsur Pemkab aktif melindungi diri sejak dini yaitu dengan meningkatkan imunitas tubuh lewat serangkaian kegiatan yang mendukung gaya hidup sehat, salah satunya olahraga ringan. Mulai dari pukul 09.00 sampai 09.30, personil di Pemkab diimbau agar meluangkan waktu untuk keluar ruangan, mengikuti kegiatan senam perenggangan di bawah sinar matahari di lapangan apel Kantor Bupati Sergai,” katanya.

“ Esok, Jumat (5/6/2020) kita sudah menerapkan sistem kerja normal baru (new normal) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Oleh karenanya berbagai langkah yang diambil oleh Tim Gugus Tugas, dapat mengatasi bertambahnya jumlah korban akibat pandemi. “Namun Tim Gugus Tugas tidak dapat bekerja sendirian. Dibutuhkan dukungan dari segenap unsur masyarakat untuk memastikan keberhasilan kita menghadapi tantangan ini,” tutupnya. MC Sergai/Vivi/Ardi

377 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *