2 Warga Sergai Kembali Dinyatakan Positif Covid-19  

Sei Rampah,

Jumlah korban positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Peta Sebaran Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) semakin bertambah. Hari ini Minggu (07/06/2020), dua warga Sergai masing-masing S (37), pria warga Kecamatan Sei Rampah dan SL (15), perempuan asal Perbaungan, dinyatakan positif terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil PCR test.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, Drs. H. Akmal, AP, M.Si, dalam keterangannya, Senin (8/6/2020)  di Posko Gugus Tugas Rumah Dinas Bupati di Sei Rampah, menyampaikan kronologis kejadian yang menimpa keduanya sesuai dengan informasi yang disampaikan Kadis Kesehatan Sergai, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes.

“Korban berinisial S berprofesi sebagai TNI AL dan aktif bertugas di RSAL dr. Komang Makes, Belawan, Kota Medan. Pada tanggal 4 Juni 2020, seluruh staf RSAL dr. Komang Makes Belawan mengikuti tes PCR dan esoknya tanggal 5 Juni 2020, 4 staf dinyatakan positif Covid-19, salah satunya S,” kata Akmal.

Walaupun begitu, lanjut Akmal, sebenarnya korban sudah lama tidak pulang atau mudik ke kediaman orang tuanya di Sei Rampah karena institusinya memang melarang personilnya untuk mudik. “Seingat korban, terakhir kali ia pulang ke Sei Rampah pada awal 2020. Jika ini benar, maka keluarga korban yang tinggal di Sei Rampah yaitu Ibu dan Kakak kandungnya tidak menjalin kontak dengan yang bersangkutan. Saat ini korban juga sudah menjalani isolasi dan mendapat tindakan medis di RS TNI AL dr. Komang Makes,” sebut Akmal lagi.

Akmal kemudian melanjutkan, korban kedua berinisial SL merupakan pelajar asal Kecamatan Perbaungan yang sebelumnya ditetapkan sebagai ODP. “Kronologisnya, beberapa waktu yang lalu korban pulang ke kediaman orang tuanya di Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Sepulang dari sana tanggal 30 Mei, yang bersangkutan merasa sesak dan batuk, kemudian berobat di RSUD Deli Serdang. Oleh pihak RSUD, korban dibawa ke isolasi IGD dan dilakukan rapid test yang hasilnya non-reaktif. Lalu korban juga diambil sampel swab-nya untuk menjalani prosedur PCR test pada tanggal 3 Juni dan sampelnya dikirim ke RS USU. Keadaan korban saat itu sudah tidak sesak dan tidak demam. Namun ketika 6 Juni hasilnya dirilis, SL dinyatakan positif terjangkit Covid-19,” ungkapnya.

Pada hari Minggu tanggal 7 Juni 2020, Tim Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan Sergai melakukan tracing riwayat perjalanan pasien dan kontak ke keluarga serta teman. Keluarga inti akan dilakukan tes PCR/swab dan telah melakukan isolasi mandiri serta dipantau oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai. Adapun pihak keluarga korban yang akan diambil test swab PCR nya yaitu (E),  (SM) dan (A).

Gugus Tugas Lakukan Upaya Preventif

 

Tim Gugus Tugas Covid -19 Sergai pada hari ini akan melakukan upaya preventif dengan melakukan tracing dan penyemprotan disinfeksi di kediaman dan sekitaran tempat tinggal korban. Hal ini untuk memastikan tidak ada penularan lanjutan. Keluarga korban juga disarankan untuk melakukan karantina mandiri, Petugas Kesehatan setempat (bidan desa) melakukan pengukuran tempratur (suhu tubuh) 2 kali sehari dan melaporkan suhu tubuhnya ke petugas kesehatan Puskesmas/Dinas Kesehatan, terang Akmal.

“ Penyelidikan Epidemiologi pun akan dilakukan dan apabila ada yang menunjukkan gejala demam akan dilakukan rapid test dan dipantau secara intensif. Jika ada keluhan yang menjurus ke gejala Covid-19 akan segera rujuk ke RS yang berwenang,” jelasnya.

Dengan penambahan ini, sebut Akmal, maka jumlah warga Sergai yang terjangkit Covid-19 total menjadi 8 orang dengan rincian 1 orang meninggal dunia, 3 orang dinyatakan sembuh dan 4 orang masih dalam perawatan intensif masing-masing di 4 RS yang berbeda yaitu RS GL Tobing Deli Serdang, RS Columbia Medan, RSUD Deli Serdang dan RSAL dr. Komang Makes Medan.

“Edukasi protokol kesehatan akan terus diintensifkan kepada masyarakat. Penambahan korban ini semoga semakin menyadarkan warga akan pentingnya aksi preventif untuk memutus mata rantai penyebaran,” pungkasnya.

Turut dalam pernyataan pers tersebut Sekretaris Dinkes dr. Helminur dan Sekretaris BPBD Sergai Samsunik, S.Pd.(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

312 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *