Pemkab Sergai Terus Lakukan Monitoring, Evaluasi BLT  DD dan Bantuan Sosial Lain  

Pantai Cermin,

Untuk memastikan bantuan tepat sasaran, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman bersama unsur Forkopimda, Selasa (9/6/2020) melakukan Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa (DD) dan Bantuan Sosial lainnya di Kecamatan Pantai Cermin dan Kecamatan Teluk Mengkudu.

Turut serta dalam monitoring, unsur Forkopimda diantaranya Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, mewakili Forkopimda lainnya, Kepala OPD, Camat Pantai Cermin M. Aminuddin, S.Sos, Camat Teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Kapus Pantai Cermin dr. Lidya Vera, Kapus Teluk Mengkudu dr. Naomi Manalu, Kepala Desa, serta perangkat desa lainnya.

Dalam sambutannya di kedua kecamatan tersebut, Bupati Sergai Ir H Soekirman mengutarakan, kita sudah memasuki zona merah artinya kondisi Sergai semakin mengkhawatirkan, namun untuk Kecamatan Pantai Cermin dan Teluk Mengkudu masih dalam zona hijau Covid-19 dan diharapkan terus dipertahankan.

Bupati menyampaikan lebih lanjut, dalam tatanan “ Normal Baru “ (New Normal) ini perlu ditekankan bahwa daerah kita belum termasuk daerah yang diperbolehkan menerapkan new normal tersebut. “ Kita harus terus waspada, sambil beraktivitas tetap terus mematuhi protokol kesehatan agar daerah kita ini tidak seperti Surabaya yang telah berada dalam zona hitam akibat ketidakpedulian masyarakat akan tanggung jawab memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Desa-desa memang harus terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Ketua Gugus Tugas menyebut, persepsi yang harus disatukan adalah terkait dengan persoalan evaluasi tentang data. Seperti kita ketahui saat ini terdapat data DTKS, data non DTKS, data PKH (sering menjadi polemik karena kurang update), data penerima bantuan Pemprovsu, data BLT DD, serta yang terbaru adalah Data Masyarakat Terdampak Covid-19 (masyarakat yang kehilangan penghasilan dan atau pekerjaan). Artinya, semua muara data tersebut adalah berasal dari Desa.

“ Pada hari ini kita berkumpul guna membicarakan teknis dan solusi meluruskan data agar seluruh masyarakat dapat terbantu dengan adanya pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhirnya,” ujar Bupati.

Bupati Soekirman kembali mengingatkan, bahwa memasuki gelaran Pilkada, diharapkan kita semua menjaga kondusivitas daerah, ASN netral, Kepala Desa dan perangkat nya menjadi pendingin suasana agar masyarakat tidak terpengaruh provokasi pihak yang tidak bertanggungjawab. Sebab di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini Tidak ada pembusukan, yang ada hanya Persaudaraan.

Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat  mendapat pujian sebagai role model penyaluran bantuan dari Pemprovsu yang dianggap baik dan  tepat sasaran. Terimakasih kepada TNI/Polri yang telah membantu pendistribusian bantuan serta kepada para Kades yang telah bekerja keras dan kompak dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat, ungkap Bupati dengan bangga.

Camat Sampaikan Laporan Penerima Bantuan

Camat Pantai Cermin, M. Aminuddin, S.Sos dalam laporannya mengatakan jumlah penerima BLT DD sebanyak 1.460 KK dengan jumlah dana sebesar Rp. 2.628.000.000,-. Untuk mendukung penyaluran bantuan tersebut, juga telah dibentuk Tim Monitoring Penyaluran Dana BLT DD.

Sedangkan penerima BST Kemensos sebanyak 2.051 KK, penerima bantuan Sembako dari Pemprovsu sebanyak 5.516 KK untuk 12 desa di Kecamatan Pantai Cermin. Kemudian, dalam rangka mendukung protokol kesehatan Covid-19, Camat Pantai Cermin beserta Muspika dan PKK telah melakukan kegiatan pemberian masker gratis kepada masyarakat serta penyemprotan disinfektan.

Senada dengan Camat Pantai Cermin, Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si juga melaporkan, menurut data di Kecamatan Teluk Mengkudu terdapat 1.401 KK penerima bantuan PKH, 2.257 KK penerima BPNT, penerima bantuan BST Kementerian Sosial sejumlah 1.789 KK dengan perincian terealisasi 1.482 KPM, dan 305 KPM tidak terealisasi. Sementara untuk Bantuan Sembako dari Pemprovsu terdapat 3.935 KK penerima bantuan, penerima BLT DD 1.518 KK.

Dengan terdampaknya masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini, Kecamatan Teluk Mengkudu telah mengajukan tambahan penerima bantuan sebanyak 2.870 KK. Realisasi bantuan usulan Kabupaten Sergai dengan perincian realisasi seluruh bantuan yang telah diterima 10.695 KPM, usulan bantuan Kabupaten Sergai 2.870 KPM dengan total jumlah 13.465 dari total jumlah KK di Kecamatan Teluk Mengkudu sebanyak 14.563 KK.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin dalam monitoring di Kecamatan Pantai Cermin dan Teluk Mengkudu mengutarakan Aparatur TNI senantiasa bekerja keras menjaga kondusivitas daerah serta mengingatkan masyarakat untuk menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 ini. “ Masyarakat hendaknya jangan anggap enteng pandemi ini, tetap pakai masker, jaga jarak dan terapkan pola hidup bersih dan sehat karena kita tidak tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir,” ujarnya dengan tegas.

Sementara itu mewakili Kapolres Sergai, AKP T. Napitupulu selaku Kapolsek Pantai Cermin menyampaikan pihak Kepolisian bersinergi dengan TNI telah menyalurkan semua bantuan untuk masyarakat sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Sergai berbuat yang terbaik untuk masyarakat.

AKP T Napitupuluh secara total mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang disambut baik oleh seluruh pengelola objek wisata dengan menerapkan protokol kesehatan untuk masuk dan berkunjung ke objek wisata yang ada di kawasan Pantai Cermin dan Teluk Mengkudu ini.

Pada pertemuan tersebut, Camat Pantai Cermin dan Camat Teluk Mengkudu menyampaikan presentasi tentang pelaksanaan penyaluran BLT DD dan bantuan sosial lainnya di wilayah Kecamatan, dilanjutkan sosialisasi pencegahan Covid-19 oleh Kepala Puskesmas serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. MC Sergai/vivi/rini

340 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *