Antisipasi Pandemi Covid-19, Jurnalis Unit Pemkab Sergai Lakukan PCR Test

Sei Rampah,

Meningkatnya jumlah masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang terjangkit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), menggugah kesadaran bagi masyarakat untuk selalu waspada, begitupun dengan jurnalis yang bertugas di unit Pemkab Sergai. Demi memutus mata rantai Covid-19, beberapa Jurnalis melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) secara gratis, yang merupakan program dan kebijakan preventif dari Posko Gugus Tugas.

“ Sampai hari ini, sudah ada 8 warga Sergai yang dinyatakan positif Covid-19 dengan rincian 1 orang meninggal dunia, 3 dinyatakan sembuh dan 4 masih dirawat di RS. Melihat fakta tersebut tentu kita perlu semakin mengintensifkan upaya pencegahan demi memutus mata rantai penyebaran,” sebut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sergai, Drs. H. Akmal, AP, M.Si saat ditemui di Posko Gugus Tugas, Rumah Dinas Bupati di Sei Rampah, Selasa (09/06/2020).

Akmal mengatakan, dipilihnya wartawan dalam kegiatan PCR test kali ini didasarkan pada mobilitas profesi wartawan yang tetap aktif walau dalam kondisi Bencana Nasional non-alam seperti saat ini.

“ Kita melihat bagaimana jurnalis masih tetap beraktivitas, masih tetap bekerja mengumpulkan informasi untuk dipublikasikan ke masyarakat. Peran mereka dalam diseminasi informasi penting sekali agar masyarakat tetap mendapat asupan informasi dan edukasi yang penting di masa genting seperti saat ini. Karena itu, untuk mengumpulkan informasi, rekan-rekan jurnalis tentu sering diharuskan berinteraksi dengan banyak orang di banyak lokasi. Hal ini menjadi berisiko di tengah anjuran protokol kesehatan ketat yang mesti dipenuhi untuk menghindari penyebaran virus,” kata Akmal lagi.

Maka dari itu, lanjut Akmal, perlu untuk memonitor kondisi kesehatan awak media demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Hari ini ada 8 orang jurnalis unit Pemkab yang bersedia mengikuti kegiatan pengambilan sampel swab yang dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Sergai. Sampel swab ini nantinya akan diteruskan ke RS USU, Medan, untuk diproses dalam alat PCR test,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai, Darmawan, mengapresiasi kegiatan PCR test gratis yang diadakan Tim Gugus Tugas untuk kelompok jurnalis. “Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian Gugus Tugas lewat Dinas Kesehatan terhadap risiko kesehatan yang dihadapi oleh para jurnalis saat menunaikan tugas. Kami tentu berharap hasil tes yang diambil hari ini seluruhnya negatif dan tidak ada lagi penambahan jumlah masyarakat Sergai yang terjangkit virus ini,” ungkapnya. MC Sergai/vivi/ardi

316 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *