Bupati Soekirman : Memancing Bangkitkan Kebersamaan dan Keberlanjutan Potensi Perikanan Sergai

Sei Rampah,

Selaku Kepala Daerah hari ini saya  menjalankan fungsi dan peran ketiga dalam tugas yaitu membangun kemasyarakatan. Seperti kita ketahui dari dahulu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) adalah sumber dan tempat perikanan air tawar, namun saat ini sumber tersebut tengah dalam keadaan keterancaman akibat ketidakpedulian dan ketidaksadaran manusia dengan menggunakan cara-cara yang salah seperti meracun serta menyetrum dan lainnya, kata Bupati Sergai Ir H Soekirman saat menjadi peserta Lomba Memancing Gembira Tahun 2020 di Dusun V Titi Dua Desa Rambung Sialang Tengah Kecamatan Sei Rampah, Minggu (21/6/2020).

Bupati menyebut, kegiatan lomba memancing ini dilaksanakan untuk mengumpulkan potensi masyarakat pecinta ikan dan perairan untuk bersama-sama membangun kebersamaan dan keberlanjutan sumberdaya perikanan darat di daerah yang kita cintai ini.

”  Turut mendampingi saya, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pendidikan dan Badan Kesatuan Bangsa, karena intinya bagaimana di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat  yang dulunya terkenal sebagai sumber ikan dapat kita bangkitkan sehingga wisata rekreasi perikanan dapat kita bangun pada waktu-waktu yang akan datang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan menjelang penerapan new normal atau adaptasi kegiatan baru. New Normal artinya kegiatan perekonomian kembali berjalan seperti biasa, namun dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat dari penyebaran virus Covid-19, terangnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengemukakan bahwa menjelang gelaran Pilkada, kembali diingatkan tentang Netralitas ASN serta aparatur negara, Kepala Desa dan perangkat serta tokoh masyarakat menjadi penyejuk agar tidak mudah diprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. ” Mari utamakan keselamatan masyarakat daripada memikirkan politik, karena kesehatan dan keselamatan masyarakat adalah yang utama,” pesannya.

Sementara itu Ketua Pemekaran Kabupaten Sergai H. David Purba menyambut baik dan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan pada kegiatan memancing ini. Dengan tingginya animo masyarakat pada kegiatan hari ini, direncanakan beberapa waktu yang akan datang akan digelar event yang lebih besar lagi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tentunya berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir, ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia kegiatan M. Ilham Purba melaporkan, kegiatan yang mengambil tajuk “Gebyar Lomba Memancing Gembira Tahun 2020” ini digelar untuk umum dan dilaksanakan selama  sehari.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggalang kebersamaan antara para pemancing serta dapat memajukan dan mempromosikan olahraga memancing, membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan industri wisata memancing dengan tetap menerapkan dan mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

Sedangkan hadiah kegiatan lomba memancing ini berasal dari sumberdaya panitia, serta sumbangan dari Bupati Sergai Ir H Soekirman. Bagi kami para pemancing, hadiah bukanlah yang utama, karena kebersamaan, kelestarian perikanan serta mengikat diri dalam persaudaraan adalah tujuan utama, ungkapnya.

Hadir  juga dalam acara, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM, Kadis Kelautan dan Perikanan Sri Wahyuni Pancasilawati, SP, Kakan Kesbangpol Drs. Purba Siregar,  Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Desa, Panitia, Komunitas Pemancing, masyarakat serta para undangan. MC Sergai/Vivi/Rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *