Jajaran Pemkab Sergai Bersama Masyarakat Lakukan Aksi Gotong Royong di Pasar Sialang Buah

Teluk Mengkudu,

Pasca ditinjaunya pasar yang terdampak sampah di Pasar Sialang Buah Desa Pekan Sialang Buah oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman pada Senin (22/6/2020) lalu, dalam melaksanakan arahan yang disampaikan Bupati, jajaran Pemkab Sergai bersama masyarakat langsung melakukan aksi gotong royong pada Selasa, (23/6/2020) yang berlokasi di Pasar Sialang Buah Desa Pekan Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu.

Beberapa pihak terkait yang tergabung dalam aksi gotong royong tersebut antara lain dari unsur Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindag, Dinas Perkim, Dinas PUPR, Kecamatan Teluk Mengkudu, Koramil 09 Teluk Mengkudu, Puskesmas Sialang Buah, Koordinator Wilayah Pendidikan Kec. Teluk Mengkudu, Kepala Desa Pekan Sialang Buah, Masyarakat Desa Pekan Sialang Buah serta para Pedagang Pasar Sialang Buah Desa Pekan Sialang Buah.

Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagiaan, S.STP, M.Si saat dilokasi menyampaikan bahwa kegiatan membersihkan sampah yang dilakukan secara bersama – sama bahkan menggunakan alat berat dari Dinas Perkim Kabupaten Sergai untuk memperlancar drainase sekitar Pasar Sialang Buah.

 

“Masyarakat Desa Pekan Sialang Buah yang bukan berprofesi pedagang cukup antusias melaksanakan gotong royong dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Terima kasih atas kepedulian dan partisipasi untuk bergotong royong di sini,” kata Camat Teluk Mengkudu.

Dalam gotong royong yang kesekian kalinya ini, lanjutnya, diharapkan adanya kesadaran dari seluruh pedagang dan seluruh pengunjung pasar untuk dapat membuang sampah pada tempatnya serta merawat fasilitas pasar, harapnya.

Romian berkisah, sejak tahun 2019 sudah ada perwakilan pedagang bernama Janus Siburian yang ditugaskan untuk melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup, apabila sampah sudah menggunung (melebihi tempat sampah yang tersedia) dapat diangkut oleh Dinas yang bersangkutan. Namun akhir-akhir ini, karena keterbatasan armada yang dimiliki pada Dinas terkait sehingga sampah tidak dapat diangkut. Saat ini tenaga kebersihan berkurang, sejak 2 orang petugas penyapu pasar dari Dinas Lingkungan Hidup dimutasi ke wilayah Kecamatan Tanjung Beringin.

“Pihak Kecamatan Teluk Mengkudu sudah berkomunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup namun saat itu belum menemukan solusi untuk pengangkutan sampah. Kami berharap permasalahan sampah di Pasar Sialang Buah dapat terselesaikan dengan terpenuhinya armada dan tenaga kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sergai. Kebersihan lingkungan dapat terjaga dengan baik apabila ada kerjasama masyarakat dan pemerintah melalui gotong royong. Terimakasih atas arahan dan bimbingan dari Bapak Bupati sehingga Pasar Sialang Buah dapat dibenahi menjadi lebih baik dari sebelumnya,” tandas Camat Teluk Mengkudu.(Mc/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *