Menuju New Normal, Disdukcapil Sergai Berikan Pelayanan Adminduk Tatap Muka

Sei Rampah,

Menuju tatanan baru (New Normal) di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akan melakukan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dengan tatap muka, kata Kadis Dukcapil Sergai, Fitriadi, S.Sos, M.Si di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (24/6/2020).

Lebih lanjut disampaikan oleh Kadis Dukcapil, bagi masyarakat yang ingin mengurus Adminduk secara langsung harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19 seperti menjaga jarak, memeriksa suhu badan, memakai masker serta mencuci tangan sebelum menghadap petugas.

“ Setiap pengurusan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, masyarakat wajib menyerahkan nomor Telepon/Hp dan alamat email yang aktif. Bagi yang tidak memiliki boleh menyerahkan nomor Telepon/Hp dan alamat email keluarga terdekat,” jelasnya.

Untuk selanjutnya, masyarakat akan menerima dokumen Kependudukannya seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Catatan Sipil dan Surat Pindah dalam Format Pdf, sehingga apabila dibutuhkan masyarakat dapat mencetak sendiri dokumennya menggunakan kertas HVS 80 gram, kata Fitriadi.

Dijelaskan juga oleh Kadis Dukcapil, apabila dokumen hilang atau rusak, tidak perlu lagi mengurus ke Dukcapil, tapi bisa langsung mencetak sesuai kebutuhan. Oleh karenanya, tanpa nomor Telepon/Hp dan alamat email, maka sistem tidak bisa memproses permohonan dokumen kependudukan.

Dinas Dukcapil Sergai  terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat meski dimasa pandemi Covid-19, kami selalu mengutamakan protokol Kesehatan. Pelayanan publik harus kita maknai sebagai sebuah proses yang kreatif yang bisa membahagiakan masyarakat. Disdukcapil melayani dengan Prima,” ujar Kadis Dukcapil Fitriadi. (Mc/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *