Peringati Harganas, Sergai Targetkan 2.317 Akseptor

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) turut serta dalam kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor secara gratis dengan target 2.317 Akseptor pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII dan Bhakti Sosial Manunggal TNI-KB-Kesehatan tahun 2020.

Kegiatan pelayanan KB ini dilaksanakan secara serentak di 33 Fasilitas Kesehatan pada 17 Kecamatan se-Sergai pada pukul 08.00-12.00 WIB, kata Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman yang didampingi Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, Kadis P2KBP3A Dasril, S.KM, M.Kes dan Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes  saat meninjau pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di Puskesmas Kecamatan Sei Rampah, Senin (29/6/2020).

Hj Marliah menerangkan bahwa pencanangan program sejuta Akspetor atau Peserta KB yang digelar secara serentak di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan program dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN) Bersama tim khusus yang melibatkan jajaran kesehatan.

“ Pelaksanaan KB serentak pada peringatan Harganas tahun ini ditengah wabah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), namun sebagai upaya preventifnya kami tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan mengusung tema khusus BKKBN Baru, Dengan Cara Baru, dan Semangat Baru Hadir di Dalam Keluargamu, dengan hastag #dua anak lebih sehat dan #berencana itu keren. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun keluarga yang berkualitas dan mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hj Marliah mengimbau kepada masyarakat Sergai khususnya pasangan usia subur untuk memanfaatkan fasilitas pelayanan KB berkualitas yang dilakukan serentak se-Indonesia ini. Hal ini juga diharapkan agar kebutuhan terhadap alat obat kontrasepsi bagi pasangan usia subur dapat segera terpenuhi, guna melindungi dari adanya kehamilan yang tidak diinginkan atau kehamilan yang beresiko karena Pandemi Covid-19.

“ Untuk Kabupaten Sergai Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) ditargetkan sebanyak 2.317 dengan capaian sebanyak 1.967 akseptor yang terlayanai atau  84%,” jelasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia Evi Diana Erry, Camat Sei Rampah Nasruddin Nasution,S.Sos, M.Si, Danramil dan Persit, petugas Kesehatan serta masyarakat peserta KB sejuta akseptor.  MC Sergai/vivi/rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *