Kampung Tangguh” Desa Bingkat, Inovasi Hadapi New Normal

Sei Rampah,

“Tangguhnya sebuah daerah dimulai dari desa. Jika desa mampu mandiri dan berdaya saing, maka potensi sebuah daerah untuk maju jelas makin besar,” buka Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, saat menghadiri kegiatan persiapan tinjauan Kapolri dan Kapolda ke lokasi pilot project Program Kampung Tangguh, Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Selasa (07/07/2020).

Sekdakab mengapresiasi Program Kampung Tangguh yang merupakan inovasi Polres Sergai dalam memperkuat peran desa dalam memajukan daerah. “Kampung Tangguh merupakan aksi untuk memaksimalkan potensi desa agar dapat mandiri secara ekonomi, politik, sosial, keamanan dan ketahanan pangan. Selain itu desa ini dapat difungsikan dalam menghadapi bencana nasional berupa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” jelas Faisal Hasrimy.

Fungsi Kampung Tangguh dalam proses percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sergai, sebut Sekdakab, dapat dilihat dari kesiapan Desa Bingkat dalam menerapkan protokol kesehatan dan tersedianya sarana preventif menghadapi pandemi. “Di Desa Bingkat sendiri sudah tersedia ruang isolasi mandiri bagi warga yang berstatus ODP dan PDP sehingga ini sangat efektif dalam membantu memutus mata rantai penyebaran sejak dini,” puji Sekdakab.

Sementara itu Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum melalui Kepala Bagian Sumber Daya (SUMDA) Kompol Elman Tambunan, SH, menyebut adanya Kampung Tangguh ini semakin mempersiapkan desa  dalam menjalani situasi “new normal” yang diterapkan pada 01 Juli 2020 di Kabupaten Sergai.

“ Polres Sergai mendukung penuh program Kampung Tangguh yang berada di Desa Bingkat sebagai Pilot Project di Kabupaten Sergai dan siap membantu dan mengerahkan personel apabila diperlukan dalam prosesnya,” sebut Kompol Elman.

Kabag SUMDA juga menyebut jika Desa Bingkat mendapat perhatian khusus dari Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin Siregar, MSi dan rencananya akan dikunjungi langsung bersama-sama dengan Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si.

Ia pun berharap, Desa Bingkat sebagai Kampung Tangguh dapat menjadi pionir sekaligus inspirasi bagi daerah lain untuk menciptakan inovasi serupa. “Kita berharap akan lahir Kampung Tangguh lainnya di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat demi menciptakan daerah yang kuat sejak dari tingkat desa,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Para Asisten, jajaran Kepala OPD, kasat Reskrim AKP. Pandu Winata, SH, S.I.K, MH, Kasat Intel AKP. Bobi Vaski, SH, S.I.K dan Kasat Sabhara AKP. A. Rahman, Sh, MH.(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *