Bupati Sergai Awali Coklit Pilkada Serentak Tahun 2020

Perbaungan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didampingi Istrinya yang juga  Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman dan keluarga mengawali Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih Pilkada Serentak Tahun 2020 di kediamannya Jalan Coklat I Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan, Sabtu (18/7/2020).

Hadir dalan kegiatan Coklit tersebut, Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya, Ketua Bawaslu Agusli Matondang, Camat Perbaungan Drs Benny Saragih MM, Ketua Panwascam Perbaungan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kelurahan Batang Terap, dan Kepala Lingkungan.

Bupati Sergai menyampaikan apresiasi kepada KPU sebagai penyelenggara Pilkada Serentak bersama seluruh unsur lainnya seperti Bawaslu, TNI/Polri terutama dalam kegiatan Pendataan Coklit Data Pemilih Pilkada Serentak Tahun 2020 oleh Petugas PPDP pada hari ini.
” Saya sebagai Kepala Daerah juga sebagai masyarakat berharap pendataan Coklit ini dapat sinkron dan dicocokkan kembali antara lain warga yang meninggal dunia, pindah dan sebagainya sehingga didapatkan data yang akurat. Untuk selanjutnya kami mengimbau agar beramai-ramai datang ke TPS guna mempergunakan hak suaranya pada Pilkada Serentak tahun ini,” kata Bupati.
Memasuki masa New Normal ini, lanjutnya, kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah yang kita cintai ini. Hal demikian agar aktivitas perekonomian kembali berjalan namun kesehatan dan keselamatan masyarakat adalah yang paling utama.
Bupati juga berharap kita semua dapat menjaga  kekompakan serta kekondusifan daerah walau berbeda pilihan. ” ASN, TNI/Polri menjaga netralitas, perangkat desa menjadi penyejuk jika terdapat potensi perselisihan, karena dari tahun ke tahun, Sergai selalu sukses menggelar pemilihan umum dengan aman, tertib dan lancar, ” pungkasnya.

Sedangkan Ketua KPU Sergai, Erdian Wirajaya mengemukakan bahwa Pencocokan dan Penelitian atau Coklit ini menjadi database awal bagi data pemilih awal untuk database sementara dan memastikan bahwa proses pemutakhiran data berjalan aman dan sukses. Targetnya ini setiap satu PPDP mendata 10 KK, nantinya terdapat 14.000 KK yang akan di Coklit pada hari ini dengan perhitungan dari 1.481 PPDP dikalikan 10 KK atau total 14.000 KK dimana nanti terdapat 524.000 data pemilih yang akan di cocokkan dan diteliti.

” Kami berharap dengan pelaksanaan Coklit yang ditandai di rumah Bupati Soekirman dan keluarga ini tentunya teman-teman PPDP di Kabupaten Sergai dapat sukses dan lancar dalam menjalankan tugas. Kami juga berharap dukungan dari Pemerintah Daerah serta seluruh masyarakat agar program ini dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu,” ujarnya penuh harap.

Selanjutnya, katanya lagi, tahapan Coklit data pemilih Pilkada Serentak Tahun 2020 ini digelar serentak mulai hari ini hingga 13 Agustus 2020. Gerakan ini melibatkan 21.210 panitia pemilihan kecamatan (PPK), 140.241 panitia pemungutan suara (PPS) dan 300.017 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) seluruh Indonesia, tandas Ketua KPU Sergai. MC Sergai Vivi/Rini

384 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *