Bupati Sergai Monev Pelaksanaan Pembangunan Desa di Kecamatan Pegajahan

Pegajahan,

Setelah sebelumnya mengunjungi beberapa desa di Kecamatan Perbaungan, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman, Rabu (5/8/2020) menyambangi Kecamatan Pegajahan untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Pembangunan Desa.

Kegiatan dimulai dari Desa Karang Anyar, Desa Jati Mulyo, Desa Bengabing, Desa Lestari Dadi, Desa Pegajahan dan Desa Bingkat.

Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan bahwa, Bupati dan Wabup bertugas sampai 17 Februari 2021, dan dari kemarin kami bersama melaksanakan tugas utama Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan sesuai dengan tupoksi, salah satunya melalui kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan desa yang ada di Kabupaten Sergai.

” Kunjungan ini dalam rangka evaluasi pelaksanaan pembangunan desa yang berasal dari ADD dan Dana Desa tahun pelaksanaan 2019 lalu berupa fisik, sejauh mana bermanfaat bagi masyarakat. Antara lain fasilitas jalan poros desa, rabat beton, lening, drainase, posyandu, PAUD, jaringan internet desa, pertanian, peternakan, BUMDes, UMKM, serta fasilitas pendukung lainnya untuk masyarakat desa,” jelas Bupati.

Selain itu, jelasnya lagi, poin utama kunjungan ini adalah mengingatkan kepala desa agar segera melunasi pajak yang tertunggak. Hal demikian karena kami tidak ingin ada Kepala desa yang tersangkut kasus hukum karena bermasalah dengan pajak. Kami tidak memeriksa secara detail, karena hanya melihat bentuk fisik dan manfaatnya bagi masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, bahwa kesalahan administrasi keuangan pemerintahan desa akan terus diperiksa oleh instansi yang berwenang, maka dari itu mari kita perbaiki pelaksanaan pembangunan fisik dan administrasi dengan baik dan benar agar tidak terdapat masalah dikemudian hari.

Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Desa Karang Anyar, Sena dan Pegajahan atas prestasinya yang tidak terdapat tunggakan pajak dan selalu tertib administrasi desa. Selanjutnya desa Karang Anyar dan Jati Mulyo dengan BUMDes yang memanfaatkan bangunan bekas KUD, cukup bagus dan potensial dalam menghidupkan perekonomian masyarakat desa.

” Saya sangat mengapresiasi Kecamatan Pegajahan ini, karena banyak inovasi-inovasi yang dimunculkan berawal dari desa,” imbuhnya.

Dilain hal, Bupati juga menyinggung terkait dengan pandemi Covid-19 yang semakin gawat di Kabupaten Sergai, sehubungan dengan semakin bertambahnya jumlah terkonfirmasi positif Covid-19. Kita merasa tidak ada apa-apa dan berjalan normal, namun ditempat yang lain jumlah positif Covid-19 terus bertambah. ” Mari kita patuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai,” ajaknya.

Sedangkan terkait penyampaian masyarakat tentang pembangunan infrastruktur, Bupati mengutarakan bahwa ruas jalan Karang Anyar menuju Melati akan dilaksanakan peningkatan pada tahun ini juga. Banyaknya kegiatan di desa tentunya akan kita lihat sejauh mana pembangunan bermanfaat bagi masyarakat.

” Pembangunan itu berhasil dimulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengelolaan administrasiannya.
Saya melihat usaha pengolahan gula sawit di desa Pegajahan sangat potensial. Untuk itu agar usaha tersebut dijaga dan dikelola oleh warga desa itu sendiri untuk lebih maksimalnya pemberdayaan masyarakat desa,” tandas Bupati.

Sebelumnya, Camat Pegajahan, Jurna Elvida, SE mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati beserta jajaran melalui kunjungan monev pelaksanaan pembangunan di Kecamatan Pegajahan.

” Melalui kunjungan di desa-desa yang ada di Kecamatan Pegajahan ini, kami berharap semakin baik dalam hal pembangunan desa, pertanggungjawaban dan menjadi desa yang taat pajak, karena kita membangun desa sumbernya adalah melalui pajak yang kita bayarkan tersebut,” urainya.

Sementara itu Kades Karang Anyar, Muhammad Heri Sukandar melaporkan bahwa Desa Karang Anyar tidak ada menunggak pajak, DD dan ADD kami arahkan untuk pengembangan perekonomian masyarakat desa melalui BUMDes, serta pembangunan fisik lainnya yang kesemuanya telah kami laksanakan dan dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan yang berlaku.

Begitupun dengan Kades Jati Mulyo, Suyanto, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati beserta jajaran serta atas masukannya yang segera kami tindaklanjuti.

” Disini kami juga menyampaikan program pembangunan masyarakat desa antara lain BUMDes Berkah yang memanfaatkan bangunan bekas KUD dengan usaha penyediaan bahan kebutuhan masyarakat sehari-hari. Selain itu dengan adanya BUMDes ini memudahkan masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok yang selama ini harus keluar menempuh jarak yang lumayan jauh dari desa,” lapornya.

sama halnya dengan desa yang lain, Kades Bengabing, Asrul Muhadi menyebut bahwa sebagai desa yang mayoritas wilayahnya adalah perkebunan, maka pelaksanaan pembangunan desa telah kami laksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terkait pajak yang tertunggak, kami akan segera menyelesaikannya agar tidak menjadi masalah dikemudian hari, dan agar memperlancar pembangunan desa itu sendiri.

Pernyataan serupa juga disampaikan Kades Lestari Dadi, Muhammad Kasim, yang menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan arahan yang diberikan pimpinan, karena kami tentu tidak ingin tersangkut masalah hukum khususnya penggelapan pajak. ” Terimakasih atas masukan dan arahan serta apresiasi kepada Bupati beserta jajaran, karena hal ini adalah untuk kebaikan kami sendiri,” ungkapnya.

Begitu juga dengan Kades Pegajahan, Mhd. Yamin yang mengapresiasi dan kehormatan atas kehadiran Bupati beserta jajaran yang memberikan kami pemahaman terkait pembangunan desa serta kewajiban pajak yang menjadi tanggung jawab utama. Desa ini menggalakkan UMKM khususnya usaha pengolahan gula kelapa sawit.

Terakhir laporan dari Kades Bingkat, Rusdi, ST, menyebut bahwa kami Pemerintahan desa Bingkat terus berbenah khususnya terkait tertib administrasi pembangunan serta kewajiban pajak sebagai tanda orang bijak terus kami pegang teguh guna mendukung keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Sergai yang kita cintai ini.

Disampaikan juga oleh Rusdi, terkait potensi desa mulai dari pertanian, peternakan serta potensi lainnya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ” Kami berharap pemerintah daerah senantiasa memberikan perhatian kepada desa kami dengan pembangunan infrastruktur serta kami mendukung keberlanjutan pembangunan untuk masyarakat adil, makmur dan sejahtera,” pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan, para Asisten, Kepala OPD, Kepala Desa dan Kepala Dusun se-Kecamatan Pegajahan, pendamping desa, BPD, LKMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat sekitar. MC Sergai Vivi/Rini

781 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *