Bupati Sergai Apresiasi KWT Seroja Berdayakan Tanaman Sayur di Pekarangan

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri acara Penyerahan Bibit Tanaman Pekarangan kepada Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Seroja di Pekarangan Pangan Lestari KWT Seroja Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah, Jumat (7/8/2020).

Disela-sela kegiatan, Bupati H. Soekirman mengemukakan bahwa pemerintah mempunyai tiga tugas yang harus dijalankan yaitu tugas Pemerintahan, Pembangunan, dan Kemasyarakatan. Saat ini kita menggabungkan dua tugas yaitu pembangunan dan kemasyarakatan melalui monitoring dan Evaluasi (Monev) pembangunan desa serta tugas kemasyarakatan seperti kegiatan penyerahan bibit sayuran pada hari ini.

” Saya terkesan kepada ibu-ibu yang bukan mengutamakan janji, tapi mengutamakan bukti. Sudah kita lihat sayuran hasil tanaman pada hari ini semua adalah kerja nyata. Bukan janji tapi bukti itu lebih penting diingat di dalam hati ketimbang dipamerkan dalam media sosial namun tidak ada aksi nyata,” kata Bupati.

Terkait dengan pemasaran hasil tanaman, Bupati menyebut, saat ini dunia sudah berubah, kita dapat berjualan melalui gadget yang sapat diakses dan dilihat oleh seluruh dunia.

” Dengan teknologi kita sudah dapat memanfaatkan media yang ada untuk mengenalkan produk yang kita jual. Artinya, siapa yang kreatif dan sigap, maka akan unggul dan terdepan, ungkapnya penuh yakin.

Oleh karenanya, Bupati sangat mengapresiasi program KWT ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dalam mendukung program ketahanan pangan. kedepannya nanti para ibu-ibu di sini akan kedatangan para pembeli dari berbagai daerah dengan hasil pertanian pekarangan yang kita galakkan saat ini.

” Mari kita manfaatkan perkembangan teknologi saat ini serta melakukan hal positif seperti menanam sayur dipekarangan rumah. Dengan memegang kunci 5P yaitu Produksi (ada yang kita jual), kemudian Price atau harga, ketiga Promosi (meski sudah dikenal tetap perlu promosi). Selanjutnya adalah Public Relation atau hubungan masyarakat yang mengenalkan produk yang kita jual, dan P yang terakhir adalah Power (yaitu Pemerintah, UU dan Peraturan yang menguntungkan para petani). Jika 5P ini terpenuhi, maka saya yakin KWT yang ada di Sergai ini akan jadi yang terdepan bukan hanya di daerah, bahkan bisa juga nasional,,” pungkas Bupati.

Kemudian Kadis Ketahanan Pangan M. Aliuddin, melaporkan, kegiatan ini adalah program dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan dengan tujuan agar para ibu rumah tangga dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran.

Lebih lanjut disampaikan M. Aliuddin, tahun ini telah menggalakkan bibit tanaman bawang karena harganya yang lumayan mahal agar ibu-ibu dapat menambah penghasilan, terlebih disaat pandemi Covid-19 ini. ” Mari kita bersama-sama menghasilkan sayuran untuk menambah gizi keluarga yang efektif menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Selain itu dengan menanam sayuran di pekarangan seperti yang kita utamakan saat ini dengan sayuran organik, banyak ibu rumah tangga yang berpenghasilan. Dengan demikian agar Kabupaten Sergai bukan hanya terkenal padi organiknya, namun kedepannya juga akan dikenal dengan tanaman sayur organiknya,” ujarnya mengakhiri.

Sedangkan Ketua KWT Seroja, Halimatussakdiah mengutarakan, dengan bantuan dari Pemkab Sergai melalui Dinas Ketahanan Pangan ini, kami sangat terbantu dan merasakan manfaatnya yang luar biasa. Selain dapat mengkonsumsi makanan bergizi, kami tidak memikirkan lagi membeli sayuran, dan malah kami dapat menambah pendapatan keluarga dengan menjual hasil sayuran yang kami tanam tersebut.

Kami sangat mendukung kegiatan ini sebagai bentuk menjaga ketahanan pangan di desa serta kehormatan bagi kami mengajak Bupati melakukan panen tanaman organik di lahan kelompok yang kami kelola ini.

” Apa yang kami lakukan merupakan dukungan atas keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Saat ini kami sangat berbahagia karena dapat membantu suami menambah penghasilan di tengah pandemi Covid-19 ini. Kami terus berharap dukungan dan perhatian serta bimbingan dari pemerintah daerah agar cita-cita menjadikan masyarakat makmur menuju desa yang maju dapat segera terwujud,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kadis Perkim H. Martiam Purba, Kakan Kesbangpol Drs. Purba Siregar, Kadis Kelautan dan Perikanan Sri Wahyuni Pancasilawati, Kadis Lingkungan Hidup H. Panisean Tambunan, perwakilan OPD, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution, S.Sos, MM, Kades Pematang Ganjang Sugiono serta masyarakat sekitar. MC Sergai Vivi/Rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *