Hari Batik Nasional, Sekdakab Sergai Imbau ASN Kenakan Batik

Sei Rampah,

Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional dan mengeluarkan imbauan kepada seluruh masyarakat khususnya di instansi pemerintah/swasta untuk memakai batik nasional pada tanggal tersebut, termasuk di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Imbauan untuk mengenakan batik nasional pada peringatan hari batik disampaikan oleh Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sergai.

Saat ditemui diruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (2/10/2020) Sekda Faisal menyebut, sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya kita bangga memakai baju batik. Hal ini karena batik sudah resmi terdaftar sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO. Sejarah mencatat bahwa Hari Batik Nasional bermula saat batik diakui pada sidang keempat Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009 silam.

“ Atas dasar pengakuan UNESCO inilah Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober setiap tahunnya sebagai Hari Batik Nasional. Dengan mengenakan dan bangga dengan batik, itu artinya kita cinta dan sudah melestarikan batik,” tandas Sekda Faisal.(Mc/Sergai/Nurul/Rini)

845 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *