Pemkab Sergai Ikuti Kampanye Gerakan Netralitas ASN Secara Virtual

Sei Rampah,

Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengikuti Kampanye Virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN melalui aplikasi zoom meeting di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (7/10/2020).

Kampanye virtual ini secara terpusat dilakukan di Jakarta dengan dihadiri Wakil Presiden (Wapres) RI, K.H. Ma’ruf Amin dan Komisi ASN. Sedangkan di Kabupaten Sergai diikuti Penjabat sementara (Pjs) Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, serta Camat dan para Staf di Instansi/Dinas mengikuti secara virtual di kantor masing-masing.

Dalam arahannya, Wapres RI, K.H Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa netralitas ASN menjadi faktor penentu bagi kualitas dan keberhasilan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. “ Netralitas adalah salah satu faktor penentu kualitas demokrasi dan kontestasi dalam Pilkada. Perhatian terkait netralitas ASN ini harus mendapatkan prioritas kita bersama demi menjaga amanah konstitusi tentang demokrasi dan kedaulatan rakyat,” kata Wapres.

Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, lanjut Ma’ruf, telah dinyatakan dengan jelas bahwa penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN didasarkan pada asas netralitas sehingga netralitas menjadi prinsip, nilai dasar, kode etik dan kode perilaku yang tidak dapat dipisahkan dari ASN.

Dalam hal ini, Wapres berharap pembentukan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang pengawasan Netralitas ASN dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 dapat diterapkan dengan benar oleh seluruh instansi dan ASN di 270 daerah.

“ SKB ini bertujuan untuk menciptakan penyelenggaraan Pilkada 2020 yang netral, objektif dan akuntabel terhadap pengawasan netralitas ASN,” tandas Wapres RI.

Pjs. Bupati Sergai ajak ASN Komitmen dan Patuhi Aturan

Usai mengikuti kampanye secara virtual, Pjs. Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si menyampaikan bahwa diantara 270 daerah, Kabupaten Sergai masuk dalam daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak di tahun 2020 ini.

Sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian di Kabupaten Sergai, Ir. H. Irman mengimbau kepada seluruh ASN mulai dari tingkatan yang paling tinggi hingga paling bawah agar berkomitmen dalam diri masing-masing untuk melaksanakan tupoksi sekaligus fokus terhadap pekerjaan dan menjaga netralitas dalam Pilkada.

“ Netralitas Pilkada itu sudah diatur dengan ketentuan yang berlaku dan ada kewajiban-kewajiban serta sanksi sanksi yang akan diberikan bila ada hal yang dilakukan menyimpang dari netralitas itu sendiri,” ujarnya.

Oleh karena, Pjs. Bupati Sergai mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sergai untuk berkomitmen mematuhi aturan-aturan yang ada, jangan sampai mendapat sanksi-sanksi karena telah melanggar peraturan tersebut.

“ Mari kita jaga kekondusifan Pilkada sehingga melahirkan pemimpin yang akan membawa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat menjadi lebih maju dan lebih baik demi kesejahteraan masyarakat yang kita cintai,” ungkap Irman.

Irman melanjutkan, kita juga sudah sama-sama melakukan Deklarasi Gerakan Nasional Netralitas ASN pada Pilkada Serentak Tahun 2020. Terdapat empat poin penting dalam deklarasi tersebut, pertama, menjaga dan menegakkan prinsip netralitas ASN di instansi masing-masing dalam melaksanakan pelayanan publik, baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Kedua, menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik intimidasi dan ancaman kepada ASN dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

Kemudian, ketiga, menggunakan media sosial secara bijak, tidak digunakan untuk mendukung Paslon, tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong, dan yang terakhir, menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun, pungkas Pjs. Bupati Sergai.(Mc/Sergai/Nurul/Rini)

233 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *