Pemkab Sergai Gelar Festival Seni Qasidah Ke-XVII

Sei Rampah,

Penjabat sementara (Pjs). Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, AP, M.Si, didampingi Sekdakab H. M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP menghadiri acara pembukaan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-XVII Kabupaten Sergai di Halaman Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Senin (09/11/2020).

Irman membuka sambutannya dengan menyampaikan jika kegiatan ini merupakan upaya untuk menampilkan keberadaan Islam yang Rahmatan Lil Alamin dan penuh dengan ragam aktivitas kesenian yang sarat makna.

Ia menyebut, sempat ada kekhawatiran dari panitia untuk menyelenggarakan kegiatan ini, namun dirinya mengatakan jika kegiatan ini mesti dilaksanakan. “ Kegiatan ini juga memiliki manfaat yang sangat besar khususnya bagi kita karena ini merupakan bentuk kegiatan atau aksi untuk melestarikan seni dan budaya agama Islam. Tak hanya itu saja, saya selaku pimpinan sementara Kabupaten Sergai menyambut baik dan tentu berharap kegiatan yang dilaksanakan ini akan melahirkan bakat terbaik yang akan membawa nama besar Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat di tingkatan yang lebih tinggi,” jelasnya.

Pjs. Bupati juga meyampaikan di dalam kegiatan ini, sesuai dengan arahannya kepada Sekdakab, agar dilakukan sesuai mekanisme protokol kesehatan. Ia juga percaya, siapa pun pemimpinnya pasti akan memiliki komitmen yang sama besarnya untuk menjamin kegiatan-kegiatan bernafaskan keagamaan, khususnya kegiatan agama Islam, akan terus dilaksanakan.

“ Kami berkomitmen untuk selalu mendukung program-program Pemkab Sergai khususnya kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan untuk bekal kita di akhirat nanti dan saya selalu berpesan kepada kita semua agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan sehingga kita dapat melewati tantangan masa pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM berharap kegiatan ini tidak hanya sekadar kegiatan seremonial belaka, tetapi lebih jauh lagi sebagai upaya untuk mengembangkan pembinaan masyarakat khususnya kaum muslimin untuk dapat benar-benar menempatkan seni qasidah sebagai lagu dan syair-syair yang Islami dan arti serta maknanya dapat menjadi tuntunan hidup karena mengandung unsur-unsur dakwah dan juga nasihat-nasihat yang baik sesuai ajaran Islam.

“Oleh karenanya kegiatan festival qasidah ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang bersifat Islami dan penyelenggaraan festival seni qasidah yang diikuti oleh peserta utusan dari masing-masing kecamatan diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan minat masyarakat khususnya generasi muda Islam terhadap seni qasidah untuk terus tumbuh dan berkembang agar tetap dapat menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu bentuk implementasi ajaran agama di tengah-tengah masyarakat dan tidak akan terpengaruh oleh budaya budaya asing,” sebutnya lagi.

Riski menyebut, lembaga yang ia pimpin berharap kegiatan ini hendaknya dapat melahirkan kelompok qasidah yang berprestasi dan pastinya berkualitas dan akan menjadi duta yang mewakili Kabupaten Sergai pada tingkat provinsi bahkan sampai ke tingkat nasional.

“ Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari lembaga DPRD Kabupaten Sergai tetap mengimbau kepada kita semua untuk bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif, menjaga persatuan dan kesatuan serta memelihara kerukunan antar umat beragama dan sikap saling menghargai di tengah-tengah masyarakat yang terdiri dari berbagai jenis etnis suku budaya agama,” pungkasnya.

Dalam laporannya, Ketua Panita Pelaksanan FSQ ke-XVII Kabupaten Sergai sekaligus Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, yang dibacakan oleh Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, MM, memaparkan jika maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan seni budaya yang Islami untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“ Kita jadikan kegiatan ini sebagai wadah pengembangan prestasi seni budaya Islam. Kegiatan ini sendiri diselenggarakan mulai tanggal 9 sampai dengan 12 November 2020 bertempat di halaman masjid agung Kabupaten Serdang Bedagai. Pesertanya diikuti oleh 271 peserta dan official sedangkan cabang-cabang yang diperlombakan antara lain cabang Qasidah Klasik Dewasa, Cabang Qasidah Klasik Remaja, Cabang Bintang Vokalis Remaja, Cabang Bintang Vokalis Dewasa dan Cabang Bintang Vokalis Anak-Anak,” tuturnya.

Kemudian dalam kesempatan ini atas nama panitia penyelenggara, Ketua Panitia menyampaikan, agar segenap pihak yang terlibat, baik peserta, panitia dan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan pakai sabun, memakai masker serta hindari kontak langsung dengan menjaga jarak fisik satu setengah meter atau 1 meter lebih.

Ikut hadir dalam kegiatan ini para Asisiten, Ketua MUI Sergai, Para Kepala OPD,  Camat, Tokoh Agama serta para Official. MC Sergai/vivi/ardi

457 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *