Pjs. Bupati Sergai Harap BWS Segera Lakukan Tindakan Tangani Tanggul yang Jebol  

Sei Rampah,

Banjir yang melanda di beberapa wilayah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dikarenakan hujan yang turun dengan derasnya akhir-akhir ini, mengakibatkan jebolnya tanggul irigasi Sei Belutu yang dapat mengairi lebih dari 3000 ha, Demikian disampaikan Penjabat sementara (Pjs). Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si saat meninjau banjir yang berada di Desa Sei Bamban, Kecamatan Sei Bamban, Selasa (10/11/2020).

“ Sesuai dengan ketentuan kewenangan daerah, irigasi ini merupakan kewenangan dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Kementerian PUPR, dan akibat dari jebolnya tanggul tersebut berdampak terhadap dua kecamatan yaitu Kecamatan Sei Bamban, sedikitnya terdapat 565 rumah yang terendam banjir dan 550 ha sawah yang terendam banjir, sementara di Kecamatan Dolok Masihul sampai hari ini kita mendapat informasi lebih dari 1.400 rumah penduduk yang terendam banjir,” kata Pjs. Bupati Sergai.

Irman berharap agar BWS sesegera mungkin dapat turun ke lokasi untuk menangani hal ini karena kekhawatiran kita jika besok turun hujan dengan deras dan banjir dampaknya akan semakin luas.

Pjs. Bupati Sergai menambahkan, jika upaya yang dilakukan Pemkab Sergai melalui Dinas PUPR, sudah menurunkan alat berat dan didukung juga alat berat dari Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jalan tol. Kemudian, katanya lagi, sudah diperintahkan kepada Kepala BPBD agar mendata masyarakat yang membutuhkan makanan sehingga masyarakat tidak kelaparan.

“ Saya juga sudah perintahkan, dan sudah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan untuk membuat pos-pos dalam  melayani kesehatan masyarakat yang terdampak banjir. Kepada Camat Dolok Masihul dan Sei Bamban agar menyiapkan Balai Desa sebagai tempat pengungsian jika masyarakat membutuhkannya,” pesannya.

Pjs. Bupati berharap agar upaya-upaya antara pemerintah pusat dengan provinsi dan Pemkab Sergai secara sinergi dapat sesegera mungkin untuk mengatasi banjir di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Turut mendampingi Pjs Bupati Sergai, Kadis PUPR Johan Sinaga beserta jajaran dan Camat Sei Bamban Juniar Marolop Gultom. MC Sergai/vivi

243 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *