Pemkab Sergai Dukung Program Pemerintah Pusat

Peresmian Pembangunan Kantor PA Sei Rampah

Sei Rampah,

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy AP MAP, menghadiri acara Peresmian Pembangunan Kantor Pengadilan Agama (PA) Sei Rampah di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Kamis (12/11/2020).

Hadir juga dalam acara, Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Medan Dr. H. Abdul Hamid Pulungan, SH, MH, Forkopimda Plus, Ketua PA Sei Rampah Munir, SH, MH, para Hakim dan Panitera PA se-Sumut, Kepala OPD, Ketua MUI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para undangan.

Ketua PA Sei Rampah Munir, SH, MH dalam membuka sambutannya menyampaikan rasa kehormatan atas kehadiran Ketua PTA Medan, Pjs Bupati Sergai yang diwakili Sekda, Forkopimda serta para undangan lainnya pada acara yang sederhana ini yang sempat tertunda yang direncanakan bulan September, hingga kini baru bisa dilaksanakan. Sedangkan tema kegiatan hari ini menjadi peresmian pembangunan kantor PA Sei Rampah yang ditandai dengan pemancangan tiang pondasi yang ke 50.

Lebih lanjut disampaikan Munir, PA Sei Rampah ini didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 15 tahun 2016 dan baru diresmikan pengoperasiannya oleh Ketua MA RI di Melonguane Kabupaten Talaud Provinsi Sulawesi Utara yang juga dihadiri oleh Kepala Daerah se-Indonesia.

“ Ini menjadi kebanggaan kita semua bahwa dalam kurun waktu 2 tahun berselang diteruskan dengan pembangunan PA Sei Rampah yang lahannya merupakan bantuan hibah dari Pemkab Sergai. Maka dari itu kami sampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Sergai dan PA Lubuk Pakam yang berkontribusi besar pada PA Sei Rampah,” tukasnya.

Munir menambahkan Dari 85 Satker Pengadilan baru se-Indonesia yang diresmikan tersebut Sergai termasuk 20 pengadilan baru yang dibangun pada tahun ini yang seharusnya pada bulan ini gedung kantor ini direncanakan selesai dibangun. Namun karena adanya pandemi Covid-19 maka anggaran pembangunan di refocussing anggaran sehingga pembangunan tertunda. Sesuai perencanaan pembangunan ini akan kembali selesai pada tanggal 6 Juni 2021 mendatang. Oleh karenanya, saya atas nama jajaran PA Sei Rampah menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya atas dukungan Pemkab Sergai beserta seluruh jajarannya yang telah banyak membantu kami. Semoga ini semua menjadi amal kebaikan dikemudian hari kelak, kata Ketua PA Sei Rampah.

PA Sei Rampah yang diresmikan saat ini, katanya lagi, dibangun di atas lahan seluas 5.250 M2 dengan luas bangunan 1.800 meter bertingkat dan pagu anggaran pembangunan sekitar 26 miliar yang masih sekitar 20 persen dari total anggaran yang dibutuhkan. Namun akan kembali diteruskan pada tahun anggaran berikutnya sampai selesai pada Juni 2021. Kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar pembangunan kantor PA Sei Rampah ini dapat berjalan lancar serta tepat waktu agar segera dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, ujar Munir.

Diakhir sambutannya, Munir melaporkan bahwa PA Sei Rampah pada tahun 2019 lalu telah menangani perkara sejumlah 1.070 perkara, dan sampai hari ini untuk tahun 2020 telah menerima dan menangani perkara 924 perkara. Komitmen penuh dari segenap keluarga besar PA Sei Rampah dalam melayani masyarakat pencari keadilan yang berharap keadilan hukum dan memberikan pelayanan terbaik.

“ Kami akan terus-menerus berbenah diri melakukan perbaikan menuju peradilan yang agung meski dengan keterbatasan SDM, namun komitmen kami tidak surut dalam kesehariannya kami bekerja dengan tulus saat ini dengan gedung yang belum memenuhi syarat serta kondisi ruang sidang yang apa adanya. Namun meskipun demikian kondisi tersebut menjadi stimulus bagi kami untuk lebih memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” tandas Munir.

Berikan pelayanan yang sebaik-baiknya

Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Dr. H. Abdul Hamid Pulungan, SH, MHmengapresiasi dan ucapan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan Pemkab Sergai dalam rangka penyediaan lahan pembangunan kantor PA Sei Rampah yang kita resmikan pada hari ini.

Abdul Hamid menceritakan, bahwa awalnya anggaran pembangunan gedung ini sebenarnya bukan untuk di Kabupaten Sergai, akan tetapi di Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Namun karena Pemkab Sergai terlebih dahulu menyediakan lahan atas pembangunan, maka anggaran pembangunan Pengadilan Agama dipindahkan ke Kabupaten Sergai. “ Kepada seluruh jajaran PA Sei Rampah, saya perintahkan untuk menjalin hubungan yang sebaik-baiknya dengan Pemkab Sergai, Forkopimda serta instansi vertikal lainnya,” katanya.

Abdul Hamid menyebut, pembangunan gedung ini yang gambarnya sangat megah, adalah dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Saya sependapat dengan ungkapan Pjs Bupati Sergai melalui Sekda, bahwa diharapkan menjadikan PA Sei Rampah ini menjadi tempat mediasi guna menekan angka perceraian.

“ Semoga dengan situasi yang baik ini, maka PA Sei Rampah akan memberikan tuah di Tanah Bertuah Negeri Beradat yang kita cintai ini. Memang saat ini PA Sei Rampah masih melaksanakan tugas di kantor yang belum representatif, namun kita harapkan pembangunan gedung ini dapat segera selesai. Pembangunan gedung PA Sei Rampah ini cukup baik perencanaannya karena juga berdampingan dengan Kantor PN Sei Rampah yang hanya ada dua di Indonesia selain di Sulawesi,” ungkapnya.

Disampaikan rasa bangga oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, karena awalnya hibah tanah hanya 4.000 meter, namun kemudian ditambah menjadi 5.000 M2 lebih, dengan tempat yang sangat strategis dan mudah-mudahan pembangunan gedung ini selesai tepat waktu dengan baik sehingga menjadi ikon di Kabupaten Sergai. Saya berpesan kepada pelaksana pembangunan gedung ini saya berharap agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai ketentuan dan bestek, dan semoga selesai dengan tepat waktu, pesannya.

“ Semoga PA Sei Rampah ini bukan hanya tempat mendinginkan, tapi juga tempat kita berkumpul bersama dalam kebaikan dan keberkahan. Oleh karena itu diminta kepada jajaran PA Sei Rampah agar senantiasa membuka diri dan menjalin kebersamaan dengan seluruh unsur pemerintah yang ada, karena kebersamaan itu sangat indah dan baik. Setelah selesainya gedung ini mudah-mudahan kinerjanya semakin meningkat para hakim, panitera, sekretariat, agar menunjukkan kinerja yang semakin baik agar memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat. Hal ini dalam rangka tuntutan reformasi birokrasi masyarakat yang meminta kepada kita untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Melalui 5 motto Pengadilan Agama dalam melayani masyarakat yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun, saya berharap nanti masyarakat Kabupaten Sergai akan merasa puas dengan pelayanan di PA Sei Rampah ini dan harapan kepada kita semua,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, M.Si dalam sambutannya disampaikan Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAPmengucapkan selamat datang kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, kami harapkan Sumut menjadi ikon Pengadilan Tinggi terbaik di Indonesia. Selanjutnya ucapan selamat kepada Ketua PA Sei Rampah beserta jajaran atas peresmian pembangunan kantor PA Sei Rampah pada hari ini.

“ Pemkab Sergai sangat membuka diri dan mendukung terhadap seluruh program pemerintah pusat, salah satunya program melalui Kementerian Agama seperti pada hari ini. Lahan pembangunan ini merupakan hibah dari Pemkab Sergai karena kami memahami PA merupakan tempat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat khususnya masalah rumah tangga. Dengan gedung yang baik ini harapan kita angka perceraian dapat ditekan, sebagai tempat mediasi atas perselisihan rumah tangga, yang artinya bukan fokus untuk memisahkan, namun untuk tetap menyatukan. Hal ini diharapkan menjadi penyejuk bagi kita semua, perceraian dapat ditekan dan perdamaian ditingkatkan,” kata Sekdakab Sergai.

Faisal mengutarakan bahwa Pemkab Sergai mengharapkan kepada pelaksana pembangunan, agar menjadikan pembangunan gedung ini sebagai simbol pembangunan yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Kabupaten Sergai. Dengan pengawasan dan kebersamaan kita maka insha Allah pembangunan Kantor PA Sei Rampah ini akan menjadi salah satu pembangunan yang terbaik di Indonesia, tutup Faisal.

Peresmian pembangunan Kantor PA Sei Rampah Kelas 2 ditandai dengan penekanan tombol sirine dantouchscreen oleh Ketua PTA Medan, Pjs Bupati Sergai beserta unsur Forkopimda Kabupaten Sergai. MC Sergai Vivi/Rini

265 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *