Pemkab – BNN Kabupaten Sergai Canangkan Desa Bersinar

Sei Rampah, 

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si yang diwakili Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemum Kesra) Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si menghadiri kegiatan Pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) untuk Desa Sialang Buah Kec. Teluk Mengkudu dan Desa Nagur Kec. Tanjung Beringin, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai di Sei Rampah, Selasa (24/11/2020).

Turut serta dalam acara, Kepala BNNP Brigjenpol Drs. Atrial, SH diwakili Kabid P2M Drs. Adlin M Tambunan, Kepala BNN Sergai, AKBP. Drs Safwan Khayat, M.Hum, unsur Forkopimda, Plt. Kadis Pendidikan H. Gustian, SE, Ak, Kadis PMD, H. Ikhsan, AP, M.Si, Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Camat Tanjung Beringin Syafrudin, SE, M.AP serta 20 orang Relawan Desa Sialang Buah dan 20 orang Relawan Desa Nagur.

Dalam sambutan Pjs. Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si yang disampaikan Asisten Pemum dan Kesra Nina Deliana, S.Sos, M.Si memberikan apresiasi atas terlaksananya pencanangan Desa Bersinar yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Seperti kita ketahui, kata Nina, bahwa penyalahgunaan narkoba merupakan suatu kejahatan yang luar biasa karena dapat merusak generasi bangsa. Hal ini merupakan ancaman bagi kita negara Indonesia maupun dunia.

” Narkoba ini sangat berbahaya, karena bisa jadi senjata yang mampu melumpuhkan generasi bangsa. Oleh karenanya, narkoba harus segera diberantas dan ditangani secara menyeluruh. Penyalahgunaan narkoba juga tidak mamandang usia, baik tua maupun muda dapat terjerembab di dalamnya,” kata Nina.

Nina Deliana menambahkan, saat ini peredaran narkoba sudah menyasar pada kaum milenial. Dengan demikian tentu dibutuhkan peran serta dari semua pihak untuk memeranginya.

” Untuk memberantas narkoba ini, diperlukan sinergitas dari pemerintah, instansi terkait, penegak hukum hingga peran masyarakat yang ada di desa. Oleh karena itu, pencanangan Desa Bersinar merupakan bukti nyata komitmen dari seluruh stakeholder terkait dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” pungkas Nina.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNN Sergai, AKBP. Drs Safwan Khayat, M.Hum, mengungkapkan bahwa pencanangan Desa Bersinar ini dimaksudkan agar desa melaksanakan program P4GN (pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika) dengan menggunakan dana desa.

” Dalam hal ini, Pemerintah Daerah mendukung penuh program P4GN dan selalu bersinergi dengan lembaga vertikal lainnya khususnya BNN dalam memberantas peredaran dan penyalagunaan Narkoba,” ungkap AKBP Drs Safwan Khayat.

Sementara Kabid P2M Drs. Adlin M Tambunan, menyebut langkah progresif yang harus diambil untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba adalan dengan mencanangkan Desa Bersinar.

” Hal ini sangat penting sekali, khususnya dalam membentuk relawan anti narkoba, agar masyarakat dapat mengetahui tentang bahaya narkoba sehingga dapat menghindarinya,” pungkas Adlin.

Acara dirangkai dengan Pelantikan Satgas anti Narkoba pada masing-masing desa, pembacaan Ikrar Relawan Anti Narkoba serta Pelaksanaan Tes Urin bagi seluruh Relawan Anti Narkoba. MC Sergai Vivi/Rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *