Rakorprov TPID Sumut Tekankan Transformasi Digital UMKM

Berastagi,

Penjabat sementara (Pjs). Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si, bersama seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Sumut, mengikuti Rapat Koordinasi Provinsi (Rakorprov) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Semester II Tahun 2020 bertema “Transformasi Digital UMKM Pangan untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stablitas Harga Menuju Indonesia Maju”. Rakor ini dilaksanakan di Micky Holiday Resort, Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Berastagi, Selasa (24/11/2020) dan turut dihadiri Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi.

Pjs. Bupati Sergai, H. Irman menjelaskan Rakorprov TPID merupakan bentuk koordinasi antara TPID Provinsi dengan kabupaten/kota dalam rangka pengendalian inflasi dan mendiskusikan risiko inflasi yang akan datang serta berbagai rekomendasi kebijakan untuk mendukung pencapaian sasaran inflasi yang rendah dan stabil pada kisaran target nasional 3%±1%.

Irman menjelaskan, dalam kegiatan ini Gubsu Edy Rahmayadi memaparkan beberapa hal strategis seperti perbandingan produksi dan kebutuhan pangan, peternakan dan pertanian. Selain itu, sebut Irman, Gubernur juga menyampaikan jika realisasi belanja APBD triwulan III 2020 masih belum optimal. “Beliau menyampaikan jika realisasi per September 2020 baru sebesar 56%, karena hanya 8 kabupaten/kota yang sudah melakukan penyerapan anggaran di atas 60%. Gubernur berharap daerah yang belum memenuhi target agar dapat mengoptimalkan belanjanya di sisa tahun anggaran 2020,” kata Irman.

Dirinya melanjutkan, Gubernur juga menjabarkan serapan bantuan di daerah se-Provsu dengan total realisasi per September 2020 sebesar 914,70 miliar serta jumlah penerima sebanyak 1.568.436. Kota Medan sendiri menjadi pusat serapan bantuan yang bersumber dari APBN tersebut.

“Sedangkan Kabupaten Sergai ada di posisi ke 10 dengan total realisasi sebesar 25,78 miliar dan sebanyak 41.790 orang jumlah penerima. Selain itu untuk Banpres UMKM, diinformasikan jika separuhnya disalurkan kepada pelaku UMKM yang bermukim di Kota Medan, Deli Serdang, Langkat, Asahan dan Simalungun, sedangkan sisanya teralokasi ke seluruh wilayah Sumut, termasuk di Kabupaten Sergai dengan persentase sebesar 5.55%,” katanya.

Irman juga mengatakan dalam kegiatan ini hadir pula Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat yang juga merupakan Wakil Ketua TPID Provsu. Ia menuturkan, jika dalam pemaparannya, Wiwiek membahas 4 poin penting terkait perkembangan perekonomian Sumut, perkembangan inflasi Sumut, arah pengendalian inflasi ke depan dan aspek pemulihan ekonomi.

“Kepala Perwakilan BI Provsu menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III membaik, didorong meningkatnya realisasi stimulus pemerintah serta mulai membaiknya mobilitas masyarakat dan permintaan global. Meningkatnya realisasi stimulus pemerintah terutama berupa bantuan sosial, belanja barang dan jasa lainnya serta transfer ke daerah, berpengaruh kuat pada konsumsi pemerintah. Dorongan stimulus tersebut dan membaiknya mobilitas masyarakat turut menopang perbaikan kontraksi konsumsi rumah tangga,” kata Irman menjelaskan.

Mengutip pernyataan Wiwiek Sisto Widayat, Irman mengatakan jika pemerintah daerah diharapkan dapat menyusun program pemulihan ekonomi yang fokus pada subsektor dan komuditas unggulan.

“Di samping itu pemerintah juga dapat menyusun program penjamin pembiayaan pada sektor dengan permintaan tinggi sementara tidak sejalan dengan tingkat risiko perbankan seperti pengadaan listrik dan gas, penyediaan akomodasi dan makan minum serta konstruksi,” tuturnya.

Rakor ini juga mengundang narasumber yang terdiri dari perwakilan PT. MSMB sebagai pelaku digital farming sisi hulu yang dihadiri oleh Rizal Dwi Prastyo (Business Development Officer), owner Arteri Farm Rifai Muda Harahap selaku digital farming di sisi hilir. Hadir juga Plh. Sekdaprov Jawa Tengah Prasetyo Aribowo dan Wakil Bupati Deli Serdang H. M Ali Yusuf Sirega (TPID Inovasi Kawasan Sumatera).

Hadir langsung dalam kegiatan ini para Bupati/Walikota selaku ketua TPID Kabupaten/Kota, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, MSi, para Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD Pemprovsu, perwakilan Perusahaan Daerah dan BUMN. Selain itu hadir secara virtual para Sekdakab/kota serta para Asisten Perekonomian dan Anggota TPID Kabupaten/Kota se-Sumut.

Jajaran Pemkab Sergai Ikuti Rakorprov secara Virtual

Secara terpisah dan diwaktu yang sama, jajaran Pemkab Sergai yang terdiri dari Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, MM, Kadis Kominfo Drs H Akmal, AP, M.Si, Kabag Perekonomian Sariful Azhar, SH, Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si serta perwakilan OPD lainnya, mengikuti Rakorprov secara virtual di ruang Data Center Kantor Dinas Kominfo Sergai di Sei Rampah. MC Sergai Vivi/Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *