Kasus Covid-19 di Sergai Masih Bertambah, Satgas Ajak Masyarakat Kuatkan Sinergitas

Sei Rampah,

Angka kasus konfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada awal bulan Desember 2020 masih mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini seperti disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, saat ditemui di ruang kerjanya di Dinas Komunikasi dan Informatika Sergai, Sei Rampah, Kamis (10/12/2020).

Akmal mengatakan jika informasi perihal pertambahan kasus konfirmasi diperoleh pihaknya mulai pada tanggal 03 Desember saat 10 warga Sergai dinyatakan positif Covid-19.

“10 warga ini berasal dari 6 kecamatan berbeda dengan jumlah terbanyak adalah warga Tanjung Beringin. Identitas para korban adalah FG (Lk, 23), AEFP (Pr, 41), HP (Lk, 27) dan HP (Lk, 41) yang merupakan warga Tanjung Beringin, lalu inisial LAC (Lk, 43) yang berdomisili di Sei Rampah, selanjutnya inisial NHS (Pr, 15) dan S (Pr, 51) dari Teluk Mengkudu, lalu SW (Lk, 25) dari Sei Bamban, M (Lk, 40) warga Tebing Syahbandar dan terakhir AI (Lk, 43) yang merupakan warga Pantai Cermin,” jelasnya.

Lanjut Akmal, besoknya pada tanggal 4 Desember kasus konfirmasi kembali bertambah sebanyak 2 warga yang berasal dari Sei Bamban inisial MTP (Lk, 44) dan Tanjung Beringin inisial R (Pr, 40). Disusul dua hari kemudian, pada tanggal 6 Desember, Akmal menyebut ada 1 kasus konfirmasi positif dengan identitas korban inisial S (Lk, 62) yang berasal dari Kecamatan Teluk Mengkudu.

Lalu pada tanggal 7 Desember, Akmal melaporkan jika terdata ada 3 warga yang dikonfirmasi terjangkit Covid-19 di mana 2 di antaranya adalah warga Sei Rampah, sedangkan 1 lainnya berdomisili di Teluk Mengkudu.

“Info terakhir yang kami terima adalah pada tanggal 8 Desember. Pada hari selasa tersebut, terdapat tambahan 5 warga kita yang terjangkit Covid-19. Ada pun identitasnya adalah inisial M (Pr, 47) dan NS (Pr, 53) warga Pegajahan, H (Lk, 62) warga Perbaungan, RS (Pr, 45) asal Bintang Bayu dan EE (Lk, 50) yang merupakan warga Dolok Merawan,” sebut Akmal.

Akmal menyimpulkan, dalam rentang waktu 6 hari ada penambahan sebanyak 21 korban di Kabupaten Sergai.

“Akan tetapi di saat yang sama kita juga patut bersyukur karena didapati kesembuhan yang terjadi pada 2 warga kita, masing-masing inisial LAC (Lk, 43) warga Sei Rampah dan ASD (Lk, 36) asal Sei Bamban. Dengan perkembangan yang ada, maka sampai saat ini jumlah kasus positif di Sergai menjadi 300 kasus dengan rincian 209 orang telah dinyatakan sembuh, 77 orang kasus konfirmasi Covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RS rujukan serta ada 14 orang kasus kematian,” jabarnya.

Akmal menuturkan, tentunya seluruh pihak terus berharap, berdoa dan berusaha agar angka kesembuhan bisa terus ditingkatkan. Namun Satgas Covid-19 tidak bisa bekerja sendiri. Jelas dibutuhkan sinergitas langsung dengan masyarakat.

“Kerja sama ini adalah dengan menjalankan secara disiplin protokol kesehatan yaitu menerapkan 3M; menggunakan masker, mencuci tangan dengan benar pakai sabun dan menjaga jarak aman fisik,” tutupnya.(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

253 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *