TP PKK Sergai Gelar Pelatihan LP3PKK

Sei Rampah,

Dalam upaya meningkatkan pengetahuan bagi kader-kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan  Latihan Pengelola Program dan Penyuluh (LP3) Tahun 2020 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (11/12/2020).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, Narasumber serta para pengurus PKK kabupaten dan ditingkat kecamatan.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Ketua TP PKK Sergai, Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya menyampaikan pelatihan LP3PKK ini dilaksanakan untuk memaksimalkan peran PKK yang dilakukan guna meningkatkan maupun memberdayakan masyarakat khususnya perempuan agar sejahtera lahir maupun bathin melalui gerakan 10 program pokok PKK.

“ Untuk mewujudkan itu semua, peran kader TP PKK kecamatan diperlukan pembekalan pengetahuan dan keterampilan dalam menyikapi perkembangan informasi dan teknologi yang akan memperluas wawasan dalam melaksanakan visi dan misi TP PKK,” ujarnya.

Pelatihan LP3PKK ini, lanjutnya lagi, merupakan orientasi secara berjenjang dengan sasaran para kader dalam peningkatan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan perumahan tempat tinggal yang layak huni dengan mengedepankan derajat kesehatan keluarga dan melestarikan lingkungan hidup yang merupakan salah satu peran dari kader TP PKK.

“ Kader merupakan ujung tombak dan garda terdepan, sesuai amanat Presiden RI agar kader PKK menjadi salah satu ujung tombak bagi gerakan pemberdayaan, yang tumbuh dari bawah harus dipelihara dan dikembangkan,” pungkas Wakil Ketua TP PKK Sergai.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penyelenggaran yang juga sebagai Ketua DWP Sergai Ny Uke Retno Faisal Hasrimy melaporkan bahwa tujuan digelarnya pelatihan ini agar tercapainya keluarga yang sehat dan terpenuhinya gizi keluarga. Kemudian terbinanya kader LP3PKK sebagai garda terdepan dalam mendukung program pemerintah.

Adapun materi yang akan dibahas mengenai pengelolaan 10 program pokok PKK dan peranan kader TP PKK dalam mendukung program pemerintah. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Ketua PKK kecamatan dan pokja-pokjanya. Sedangkan kegiatan ini dibagi dibeberapa tempat yaitu di Aula Sultan Serdang, Aula BKD dan Aula Dinas PMD. Hal ini dilakukan agar tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 yaitu menghindari berkerumun, kata Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy. (Mc/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *