Sambut Hari Ibu, TP PKK Sergai Gelar Rapid Test Gratis Bagi Kaum Perempuan

Sei Rampah,

Dalam rangka memperingati Hari Ibu Tahun 2020 sekaligus untuk memutus mata rantai pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-2019), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar Rapid Test secara gratis khusus bagi kaum perempuan bertempat di UPT Puskesmas Plus Perbaungan Kecamatan Perbaungan, Senin (21/12/2020).

Mengawali sambutannya, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman menyampaikan rasa kesyukuran kepada Allah SWT karena dimasa pandemi masih diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan kegiatan hari ini.

“ Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dinas Kesehatan melalui UPT Puskesmas Plus Perbaungan yang telah membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan bagi kaum perempuan,” ujarnya.

Kegiatan Rapid Test gratis bagi kaum perempuan,  sambungnya lagi, selain dalam rangka memperingati Hari Ibu Tahun 2020, juga menyasar pada pengurus TP PKK Kecamatan dan Desa yang ditargetkan untuk 100-150 orang. Kegiatan ini juga dilatarbelakangi karena masih tingginya resiko penyebaran virus dan angka positif Covid-19 di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Hal ini masih sangat perlu kita waspadai, terutama Orang Tanpa Gejala (OTG), sebab kita bisa saja tertular atau menularkan karena kita sendiri tidak menyadarinya,” beber Ketua TP PKK Sergai.

Hj. Marliah Menyebut, bahwa kidak tidak perlu takut di-rapid test, sebab hal ini merupakan tindakan pencegahan, seperti istilah umumnya, preventif lebih baik kuratif, atau mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan pelaksanaan Rapid Test gratis kagi kaum perempuan hari ini diharapkan  dapat semakin mewaspadai Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Sergai yang kita cintai ini, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, dr. Erna Ningsih, M.Kes selaku Kepala UPT Puskesmas Plus Perbaungan, menyampaikan mekanisme pelaksanan Rapid Test menyebut bahwa pelaksanaan Rapid Test ini adalah untuk men-skrining atau menjaring dan mendata masyarakat untuk kemudian dapat diambil langkah-langkah tindak lanjut sesuai prosedur yang berlaku jika terdapat potensi tertular virus Covid-19 tersebut.

“ Kami beserta jajaran Dinas Kesehatan melalui UPT Puskesmas Plus Perbaungan dalam pelaksanaan Rapid Test hari ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sehingga mulai dari acara hingga selesai, peserta tidak diperkenankan membuka masker. Hal tersebut sangat penting sebab dengan tetap memakai masker, kita semua akan dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19 yang bisa saja ada diantara kita, artinya, maskermu melindungiku, dan maskerku melindungimu, jadi kita saling melindungi,” katanya.

Diakhir penyampaiannya, dr. Erna Ningsih mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Jika tidak perlu mendesak lebih baik tidak keluar rumah, jika pun harus keluar rumah maka sesampainya di rumah agar segera mandi dengan sabun anti bakteri agar terhindar dari kuman maupun virus, tutupnya.

Hadir juga dalam acara, jajaran pengurus dan anggota TP PKK Kecamatan dan Desa, jajaran Puskesmas Plus Perbaungan.(Mc/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *