Pemkab Sergai Gelar Peringatan HBN Secara Virtual

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke-72 yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Sabtu (19/12/2020).

Peringatan Hari Bela Negara ini berjalan secara virtual dengan menyaksikan pelaksanaan upacara di Jakarta lewat Zoom Conference yang dibuka oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hj. Nina Deliana, S.Sos, M.Si menyampaikan jika HBN tahun ini mengangkat tema “Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul”.

Dia menyebut peringatan HBN tahun ini yang diselimuti situasi pandemi kiranya tidak melunturkan semangat anak bangsa untuk menjaga kesadaran bela negara dan kesediaan untuk berbakti pada NKRI.

“Seperti yang tertuang di UUD 1945 pasal 23 ayat (3), diamanatkan jika setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Dalam pasal 30 ayat (1) juga disebutkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,” jelasnya.

Ia juga mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunaikan tugas bela negara ini. “Sesuai dengan UU RI Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara Pasal 9 ayat 2, keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara, sebagaimana dimaksud dalam ayat 1, diselenggarakan melalui 4 aktivitas yaitu pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib dan pengabdian sesuai dengan profesi,” kata Nina.

Sebagai ASN, lanjutnya, banyak hal yang bisa dikerjakan untuk menunjukkan kesiapan bela negara. “Dengan kerja yang berintegritas dan akuntabel, kita bisa menjadi SDM yang tangguh dan unggul dalam mewujudkan Indonesia yang sejahtera rakyatnya dan disegani di mata dunia,” tandasnya.

Ikut hadir dalam upacara virtual ini Asisten Administrasi Umum Hj. Irwani Jamilah, SH, Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, MA, Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si, Wakapolres Sergai Kompol Sofyan, SH dan Pabung 0204/DS Mayor Inf. Muchsin, S.Ag. MC Sergai Vivi/ Ardi

462 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *