Bupati Sergai Hadiri Pencanangan Kebun “Bersinar” di Lingkungan PTPN IV

Perbaungan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri acara Pencanangan Kebun Bersih Narkoba “ Bersinar ” di Lingkungan PTPN IV Kebun Adolina. Kegiatan bertempat di Wisma Amerta Kecamatan Perbaungan, Selasa (29/12/2020).

Hadir dalam acara, Kepala BNNP Sumut Brigjend Pol Drs. Atrial, SH, Forkopimda Plus, Kepala BNN Sergai AKBP Safwan Khayat beserta Kepala BNN Kabupaten/Kota di Sumut, Kepala OPD, Senior Executive Vice President (SEVP) Op 2 PTPN IV Joni Raja Siregar, Plt. Camat Perbaungan Erfin Fachrurrazi, S.STP, M.Si, Camat Pegajahan Jurna Elvida, S.Sos, Manager dan Direksi PTPN IV Kebun Adolina, Kepala Desa Adolina, Relawan Anti Narkoba, serta para undangan.

Bupati Sergai Ir H Soekirman sangat mendukung dan menyambut baik pencanangan gerakan Kebun “ Bersinar “ di Wilayah PTPN IV yang dipusatkan di PTPN IV Kebun Adolina pada hari ini. Kabupaten Sergai memiliki lebih kurang 600.000 penduduk dengan 30 persen adalah generasi muda. Melihat komposisi umur tersebut mengacu pada komposisi Lembaga Permasyarakatan (LP) saat ini di Tebing Tinggi dan Lubuk Pakam yang 80 persen penghuninya adalah napi dengan kasus penyalahgunaan narkoba.

Selanjutnya, berdasarkan data Pengadilan Agama (PA), tingkat perceraian di Kabupaten Sergai 70-80 persen disebabkan masuknya narkoba dalam keluarga. Pengaruh narkoba sangat signifikan menjadi akar permasalahan disharmonisasi dalam masyarakat. Hal ini sudah menjadi masalah yang bukan main-main lagi, sebab tingkat penyalahgunaan narkoba di sini sudah sangat tinggi. Oleh karenanya, saya berpendapat bahwa saat ini selaku orang tua, kita janganlah menuntut anak untuk berprestasi tinggi, sebab dengan anak yang bebas dari narkoba saja hal tersebut telah menjadi prestasi yang luar biasa bagi anak dan keluarganya.

“ Pengaruh narkoba telah menjadikan pemakainya tidak memiliki akal waras lagi sehingga semakin meresahkan. Ancaman penyalahgunaan narkoba yang kita hadapi ini merupakan proxy war atau perang melawan musuh yang tidak nampak. Dengan demikian, kami sampaikan ucapan terima kasih kepada BNN dan PTPN IV dalam pencanangan Kebun Bersih Narkoba hari ini yang menjadi momentum besar bagi kita semua untuk bergerak bersama memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di mulai dari lingkungan kita sendiri,” tutur Soekirman.

Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa pencanangan hari ini yang pertama adalah menyamakan persepsi semua kelompok agar masalah narkoba secara bergotong royong dapat mengatasinya dari kita semua tanpa terkecuali. Kemudian yang kedua secara politik, meski banyak juga politisi yang terpapar narkoba, dengan memberikan contoh yang baik tentu akan memberikan pandangan dan contoh yang baik bagi masyarakat, sehingga pencanangan yang dimulai dari Adolina ini resonansinya akan bergaung sampai keseluruh pelosok negeri dan akan diikuti oleh perkebunan lainnnya sehingga kerja kolektif pemberantasan narkoba ini dapat lebih mudah dan nyata kita lakukan, pungkasnya.

Sebelumnya Kepala BNNP Sumut, Brigjend Pol Drs. Atrial, SH mengutarakan bahwa pencanangan ini adalah yang pertama di Sumatera, dan kami berharap semua pihak untuk ikut berperan serta dalam rangka mendukung Desa ” Bersinar” guna mendukung hidup yang lebih sehat, semangat dan bermanfaat.

Sedangkan permasalahan terkait pandemi Covid-19, sama halnya juga dengan permasalahan narkotika yang merupakan permasalahan saat ini tengah dihadapi oleh berbagai negara di belahan dunia termasuk Indonesia. Seperti halnya narkoba, pandemi Covid-19 juga dapat dihentikan penyebarannya dengan mulai membiasakan gaya hidup sehat, bersih, selalu sadar dan waspada dengan keadaan sekitar. Pandemi Covid-19 juga telah membawa warna baru bagi BNN dalam menangani permasalahan narkotika. Pendekatan penanganan narkotika kini menekankan pada pemberian pilihan lain yang aspiratif serta fleksibel sebagai alternatif dalam menjalani hidup. Masyarakat kini tidak lagi butuh larangan, tetapi butuh role model dan contoh dalam menjalani #hidup100persen, yakni hidup yang sadar akan nilai diri, menjalankan pola hidup sehat, serta produktif pada bidang yang digeluti menuju hidup bahagia, sehat tanpa narkoba, katanya.

Lebih lanjut disampaikan Brigjend Pol Drs. Atrial, SH, bahwa kegiatan pada hari ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya menurunkan angka prevalensi penyalahgunaan narkotika di Sumut khususnya di lingkungan PTPN IV antara lain Kebun Adolina Sergai, Kebun Sawit Langkat, Kebun Mayang Simalungun, Kebun Air Batu Asahan, dan Kebun Berangir Labura melalui program Kebun Bersih Narkoba “Bersinar”. Adapun 5 (lima) kawasan ini terdata dari hasil pemetaan sebagai kawasan yang rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Kepala BNNP Sumut menyebut bahwa melalui kegiatan ini upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika akan dilakukan secara intensif seperti razia deteksi dini penyalahgunaan narkotika, pembentukan relawan, program rehabilitasi berbasis masyarakat, hingga program pemberdayaan alternatif guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

“ kami akan terus mengedukasi masyarakat untuk bersama-sama melawan peredaran narkoba. Karena apabila seluruh unsur masyarakat dan desa/kelurahan ikut bergerak bersama dan terlibat dalam melakukan upaya Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), maka kita yakin akan mampu menurunkan angka prevalensi dan mewujudkan Indonesia yang bersih dari narkoba “Bersinar,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, SEPV Op 2 PTPN IV, Joni Raja Siregar mengapresiasi dan sangat mendukung pencanangan Kebun Bersih Narkoba di lingkungan PTPN IV pada hari ini.

“ Dengan lingkungan yang bersih narkoba, maka produktivitas semakin meningkat serta sehat dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan kegiatan ini akan membangun budaya dan empati masyarakat dalam bentuk budaya tolak dan tangkal peredaran narkoba khususnya di 5 wilayah Perkebunan PTPN IV. Dengan kegiatan ini juga akan mendorong masyarakat guna melakukan gerakan bersama masyarakat untuk memutus mata rantai peredaran narkoba dan menghindarkan generasi penerus dari jerat penyalahgunaan narkoba yang dapat menghancurkan masa depan,” tutupnya.

Kegiatan diisi dengan pemutaran video testimoni dukungan P4GN dari Bupati dan Forkopimda Plus, serta pelantikan Relawan Anti Narkoba di Lingkungan PTPN IV Kebun Adolina. MC Sergai/vivi/rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *