Pemkab Sergai Gelar Perayaan Natal Oikumene Secara Virtual

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar perayaan Natal Oikumene Tahun 2020 bertempat di Gereja Methodist Indonesia (GMI) Manna, Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Senin (28/12/2020). Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan membatasi jumlah yang hadir, perayaan Natal berlangsung sederhana namun khidmat. Sedangkan di tingkat kecamatan se-Kabupaten Sergai, umat Kristiani tetap mengikuti Perayaan Natal secara virtual melalui aplikasi zoom metting.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili Staf Ahli Bupati, Santun Banjarnahor, S.Sos, M.Si, unsur Forkopimda, Pengkhotbah Pdt. Dr Lukgimin Aziz MTh, Kakan Kemenag Sergai Zulkifli Sitorus, Ketua BKAG Pdt. Santo Marpaung STh, Ketua Bamagnas Pdt. Hairul Gultom, Ketua PGPI Pdt Mian Simare-mare, Ketua PWKI Hotnauli Sinurat, mewakili Ketua GAMKI Donny RP Sitinjak, Kadis Kesehatan dr. Bulan Sanungkalit dan Kasat Pol-PP Drs. Fajar Simbolon, M.Si.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati, Santun Banjarnahor, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa Natal merupakan esensi dari keyakinan umat kristiani yang menjadi dasar pengakuan atas kelahiran Isa Al Masih. Semangat dan kasih Natal diharapkan meresap pada sanubari seluruh umat kristiani sebagai bentuk syukur atas kasih setia Tuhan yang telah memberikan banyak berkat, termasuk berkat kedamaian serta suasana kondusif di wilayah Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“ Perayaan Natal tahun 2020, khususnya di Kabupaten Sergai, telah berlangsung dengan kondusif. Hal ini merupakan bentuk kedewasaan masyarakat dalam melaksanakan praktek kerukunan umat beragama, sehingga seluruh  umat kristiani dapat melaksanakan perayaan dengan khidmat,” ungkapnya.

Mengingat Tahun Baru 2021 tinggal beberapa hari lagi, Bupati Soekirman mengimbau seluruh masyarakat Sergai agar tidak merayakan pergantian tahun secara berlebihan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. ” Selamat Natal  25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021. Semoga kita senantiasa dalam lindungan kasihNya”,pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Natal Kabupaten Sergai, AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan, perayaan Natal tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, namun tetap menerapkan protokol kesehatan. “Sesungguhnya Natal harus dilihat dari makna Natal, dimanapun kita bisa merayakan Natal. Kita manusia, terutama umat Kristiani, telah diberikan kebahagian oleh Tuhan Yesus, agar kita tidak binasa,” ujarnya.

Kapolres Sergai juga menyatakan bahwa panitia telah berusaha agar perayaan Natal dilaksanakan lebih baik lagi, namun karena situasi pandemi saat ini, dan adanya peraturan-peraturan pemerintah yang mengharuskan mengikuti protokol kesehatan, sehingga panitia memutuskan melaksanakan  dengan sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan  secara ketat.

Dia juga menginformasikan bahwa Sergai merupakan kabupaten yang sangat aman dan kondusif dengan angka pelanggaran protokol kesehatan tidak terlalu signifikan. Menurutnya, semua ini berkat kerjasama yang baik antar seluruh elemen masyarakat, khususnya umat kristiani.

” Gereja tidak boleh takut dengan pandemi Covid-19, yang penting, masyarakat Sergai harus selalu mengikuti protokol kesehatan, dan kita terus berdoa sesuai agama masing-masing, sehingga Tuhan memberkati Kabupaten Sergai terhindar dari Covid-19 dan tetap dalam suasana aman dan kondusif”, ungkap AKBP Robin Simatupang.

Sebelumnya, Pdt Dr Lukgimin Aziz MTh dalam khotbah Natal, sesuai tema “Mereka akan menamakanNya Immanuel” (Mat 1 : 23) dan subtema “Menghadapi pandemi Covid-19 di Kabupaten Sergai, Gereja tidak takut karena Tuhan Yesus menyertai akhir zaman” mengajak umat kristiani dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini  untuk tetap bertahan, tetap kuat dan jangan menyerah, karena bersama Tuhan pasti akan melihat penerobosan dan juga pemulihan serta perkenanan Tuhan.

“ Menghadapi banyak tantangan dalam kehidupan ini, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, Dia pasti bersama kita untuk menolong dan memulihkan kehidupan kita”, katanya.(Mc/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *