Pemkab Sergai Terima Hibah Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpusnas RI

Sei Rampah, 

Menutup agenda kegiatan diakhir tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menerima Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bertempat di Halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (30/12/2020).

Hadir dalam penyerahan mobil tersebut, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup H. Darma Wijaya, Anggota Komisi X DPR-RI Dr. Sofyan Tan, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Drs. Dedi Kurniadi, M.Hum,  Sekdakab HM Faisal Hasrimy, AP, MAP, Asisten Hj. Irwani Jamilah, Staf Ahli, Kepala BPKA Rusmiani Purba, Plt. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Zainal Abidin, S.Pd beserta jajaran, Plt. Kadis Pendidikan, serta para undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa suatu sejarah dan rasa syukur kita di ujung tahun 2020 Sergai mencatat bahwa kita mendapatkan hadiah dari semua cerita proses yang telah ditempuh selama ini.

” Ini adalah hadiah tahun baru kepada kita semua. Kami menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, semoga hal ini menjadi kekuatan Sergai dalam rangka meningkatkan SDM kedepan,” kata Bupati.

Kabupaten Sergai yang berpopulasi masyarakat sekitar 660.000 jiwa, lanjut Bupati, bahwa 30 persennya adalah generasi muda yang termasuk dalam generasi produktif. Namun rata-rata IPM kita masih di bawah Tapanuli Selatan, karena tingkat pendidikan rata-rata masyarakatnya yang telah lebih maju. Kemudahan mencari uang ternyata membawa dampak negatif yaitu menurunkan minat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

Terdapat dua sektor utama yang menjadi sorotan untuk lebih diintensifkan program perpustakaan keliling adalah yang pertama sektor perkebunan dan perikanan yang dianggap mudah dalam mendapatkan uang, sehingga masyarakat sekitar daerah tersebut tingkat pendidikannya lebih rendah. Oleh karena itu, diharapkan mobil perpustakaan ini dapat diintensifkan turun langsung ke daerah tersebut agar meningkatkan minat baca masyarakat dan generasi muda di daerah. Soekirman menambahkan, bahwa hal ini menjadi penting agar kedepannya IPM kita dapat meningkat seperti daerah lain.

Tak lupa Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berjasa dalam kegiatan penyerahan mobil perpustakaan keliling hari ini terutama Perpusnas RI dan Komisi X DPR-RI dan selanjutnya jika ada kemungkinan bisa dialokasikan bantuan dari pemerintah pusat untuk dibangun gedung perpustakaan yang lebih representatif dan berskala nasional. ” Kami siap menyediakan lahan untuk pembangunannya. Semoga menjadi daerah literasi yang semakin lengkap menambah prestasi-prestasi pendidikan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” ungkapnya.

Bupati mengutarakan bahwa sekarang ini memang pustakawan kurang dianggap karena telah bergeser dari membaca buku menjadi membaca melalui teknologi ponsel android. Hal ini membuktikan bahwa buku telah terpinggirkan dengan adanya teknologi gadget yang semakin marak saat ini. Oleh sebab itu kita selaku pustakawan sedang berkompetisi bagaimana meningkatkan daya tarik antara gadget dan buku kepada masyarakat.

” Dengan situasi seperti ini agar kita memunculkan inovasi untuk menjadikan buku lebih menarik ketimbang gadget. Kita menyampaikan kesiapan untuk mendiseminasikan dan mengaplikasikan manfaat dari mobil perpustakaan keliling bantuan dari Perpusnas RI dan KomisiX DPR-RI ini seluas-luasnya untuk meningkatkan kecerdasan bangsa,” pungkas Bupati.

Dikesempatan yang sama, Anggota Komisi X DPR-RI Dr. Sofyan Tan mengapresiasi dan kebanggan dapat hadir dalam rangka penyerahan Bantuan Hibah Mobil Perpustakaan Keliling dan Koleksinya kepada Pemkab Sergai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sergai pada hari ini.

”  Program ini terlaksana karena Perpusnas mendapatkan dukungan penuh dari Komisi X DPR-RI. Saya sebagai anggota DPR RI di mana Sergai adalah daerah pemilihan saya, di Dapil I Sumut, sehingga saya memberi dukungan penuh dalam hal peningkatan kualitas pendidikan. Ini juga sebagai bagian dari realisasi aspirasi yang saya teima. Saya berharap, Sergai dapat menyusul induknya Kabupaten Deli Serdang dalam hal fasilitas gedung perpustakaan yang bagus karena direncanakan tahun 2021 Deli Serdang akan memulai pembangunan dan rencananya akan dihadiri oleh Ibu Puan Maharani. Hadiah tahun baru 2021 dari Pemerintah pusat untuk Kabupaten Sergai adalah Mobil Dinas Perpustakaan Keliling (MPK),” bebernya.

Tak lupa juga, Sofyan Tan menyampaikan harapan, dengan adanya penambahan armada mobil Perpustakaan Keliling beserta perlengkapan pendukung di dalamnya dapat meningkatkan kinerja Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sergai. Diharapkan juga dengan MPK dapat memberikan akses informasi kepada masyarakat, meski saat ini di era digitalisasi dan perkembangan teknologi saat ini orang cenderung membaca melalui gadget ketimbang buku. Oleh karenanya agar saat memberikan layanan MPK dapat dikemas dengan kegiatan-kegiatan yang dapat menarik perhatian masyarakat sekitar.

Anggota DPR RI mengungkapkan bahwa saat ini bukan lagi masa generasi milenial, tapi sudah masuk masanya generasi Z. Teknologi edukasi juga sudah mengalami perkembangan. Dengan adanya smarthphone, buku dan bahan bacaan lain sudah dikonversi ke dalam format digital. Sehingga konten edukasi dapat diakses di mana saja, kapan saja. Bahkan bukan hal aneh lagi proses belajar mengajar dilakukan secara virtual, sesuatu yang sangat penting di masa pandemi seperti sekarang dan kemungkinan akan dilanjutkan untuk ke depannya.

” Mudah-mudahan MPK ini dapat memberikan dampak kepada masyarakat dalam meningkatkan budaya gemar membaca. Jangan khawatir dengan perhatian pemerintah ke kabupaten ini, sebab walau Sergai jauh dari Jakarta, namun tidak boleh jauh dari teknologi, dan negara akan berusaha selalu hadir ditengah-tengah masyarakat. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membantu mencerdaskan bangsa. Hadiah tahun baru 2021 untuk Sergai adalah Mobil Dinas Perpustakaan Keliling, tandasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI, Drs. Dedi Kurniadi, M.Hum atas nama Kepala Perpusnas RI menyampaikan rasa kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami atas terselenggaranya kegiatan penyerahan Bantuan Hibah Mobil Perpustakaan Keliling dan Koleksinya kepada Pemkab Sergai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sergai pada hari ini.

” Kegiatan ini menunjukkan komitmen yang sungguh-sungguh dari pemerintah pusat untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera.

Salah satu bentuk layanan yang mendekatkan informasi kepada masyarakat karena berbagai alasan tidak dapat mengunjungi perpustakaan adalah perpustakaan keliling. Dengan layanan ini diharapkan bahwa akses masyarakat terhadap informasi akan terbuka lebar, karena masyarakat memiliki hak untuk mendapatkannya, serta hal tersebut adalah kewajiban Pemerintah Pusat hingga daerah,” jelas Dedi Kurniadi.

Sejak tahun 2003-2020, Perpusnas RI telah memberikan bantuan Mobil Perpustakaan Keliling sebanyak 821 unit MPK yang dihibahkan kepada Perpustakaan Umum Provinsi dan Kabupaten/Kota, yang salah satunya diserahkan kepada Pemkab Sergai hari ini. Melalui program stimulasi ini, Perpusnas RI meyerahkan bantuan untuk Kabupaten Sergai berupa 1 (satu) unit MPK Toyota Hilux yang masing-masing disertai buku sebanyak 200 judul, 400 eksemplar serta perlengkapan multimedia yaitu pakat DLS, TV LD 32 Inchi, Genset, Tablet, Modem, UPS dan multimedia speaker.

” Kendati belum merata kesemua daerah, diharapkan program stimulasi ini dapat memacu jajaran Pemkab Sergai untuk mengembangkan program serupa sehingga dapat mempercepat tumbuhnya budaya baca masyarakat dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan informasi dan bahan bacaan yang berguna untuk menambah pengetahuan, kemampuan, serta meningkatkan kualitas hidupnya,” tutupnya. (MC/Sergai/Rini/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *