Pasca Libur Cuti Bersama, Pemkab Sergai Gelar Monitoring Disiplin Kehadiran ASN Secara Virtual

Sei Rampah,

Pasca libur cuti bersama dalam rangka Tahun Baru 2021, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dihari pertama kerja, Senin (4/1/2021) menggelar monitoring disiplin kehadiran ASN dan Tenaga Kontrak di lingkungan Pemkab Sergai secara virtual.

 

Monitoring disiplin dipusatkan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, dan dihadiri oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H. Darma Wijaya, Sekdakab H M Faisal Hasrimy AP MAP, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan para Kepala OPD, serta Para Camat di Kantor masing-masing.

 

Dalam arahannya secara virtual, Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan salam dan ucapan syukur atas kesehatan dari Allah SWT dan ucapan selamat tahun baru kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sergai.

Terkait dengan arahan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi yang belum mengizinkan belajar tatap muka. Oleh karenanya, Sekdakab dan Asisten diminta untuk melakukan koordinasi dengan BKD tentang kehadiran OPD dan Kecamatan.

 

“ Saat ini kondisi kepemerintahan di Kabupaten Sergai berjalan dengan lancar dan saya melihat seluruh OPD sudah tampil di pertemuan virtual ini. Kepada ASN yang tidak hadir agar dicari tahu kondisi selanjutnya. Laporan agar disampaikan secara tertulis untuk kemudian disampaikan kepada BKD. Selamat bekerja dan lebih semangat serta waspada terhadap Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Tak lupa juga Bupati Sergai berpesan kepada para Camat dan jajarannya di kecamatan agar senantiasa berkoordinasi khususnya menjelang peringatan HUT Sergai ke-17 ini, karena terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang harus difokuskan agar berjalan sukses dan lancar sesuai protokol kesehatan Covid-19. Hal demikian agar kita semua menunjukkan kerja yang monumental dan terukur.

Sedangkan terkait dengan keuangan daerah, kepada seluruh OPD untuk melaksanakan tutup buku tahun anggaran 2020 dan selesai tepat waktu serta sesuai ketentuan yang berlaku.

 

“ Saya apresiasi terhadap seluruh OPD dan kecamatan dengan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam rangka HUT Sergai ke-17 yang monumental, terukur serta bermanfaat langsung kepada masyarakat. Yang paling penting adalah bagaimana kita dapat segera terbebas dari pandemi Covid-19 serta kabupaten yang kita cintai ini semakin sehat, maju dan sejahtera,” harapnya.

 

Dalam momentum tahun baru 2021, Bupati Soekirman mengajak seluruh yang hadir untuk memanfaatkan sekaligus meningkatkan soliditas dan jiwa korsa seluruh SDM di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. “ Kita memulainya dengan dimasa pandemi Covid-19 hingga ada yang menjadi korban jiwa karena virus tersebut. Namun demikian kita jangan anggap enteng terhadap wabah, namun kita bisa survive dan dapat mencapai hal-hal yang baik meski dalam situasi yang tidak nyaman,” katanya.

 

Terkait dengan gelaran Pilkada, Pemkab Sergai telah melaksanakan pesta demokrasi tersebut dengan baik dan aman tanpa ada gesekan apapun. “ Saya optimis pada periode yang akan datang mudah-mudahan kondisi akan lebih baik dan capaian dalam memajukan Sergai insha Allah akan dapat kita capai dengan pemimpin selanjutnya. Menyambut tahun 2021 ini mudah-mudahan hubungan dengan seluruh lini baik eksekutif, legislatif dan yudikatif dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

Kehadiran ASN Capai 96%

 

 

 

Dalam kesempatan yang sama, Sekdakab H.M Faisal Hasrimy AP M.AP melaporkan bahwa dari total seluruh jumlah ASN di OPD dan Kecamatan di Kabupaten Sergai berjumlah 1.360 orang diluar tenaga guru tersebar di 28 OPD dan 17 Kecamatan serta OPD di Sekretariat.

 

Melalui sampel komunikasi zoom meeting, diantaranya, Dinas Kelautan dan Perikanan melaporkan jumlah ASN yang hadir 11 orang dari 21 orang. Namun yang tidak hadir dikarenakan ada yang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19, serta tugas belajar dan ada yang meninggal dunia, sementara tenaga kontrak hadir seluruhnya.

 

Sementara itu pada tingkat kecamatan, dilaporkan bahwa di Kecamatan Perbaungan jumlah ASN 21 orang dan hadir seluruhnya. Untuk 4 kelurahan 32 orang PNS dengan kehadiran 31 orang, 1 orang tanpa keterangan. Kecamatan Sipispis melaporkan jumlah ASN 22 orang dan 7 orang tenaga kontrak. Tingkat kehadiran ada masing-masing 1 orang ASN dan tenaga kontrak yang tidak hadir karena sakit. Dari Kecamatan Sipispis sampaikan terkait kesiapannya sebagai lokasi kegiatan gotong royong massal menyambut HUT Kabupaten Sergai ke-17 Tahun 2021. Hal tersebut terkait bencana banjir yang mengakibatkan putusnya jalan produksi yang menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Sipispis. Untuk gotong royong tersebut kita mendapatkan support bantuan dana dari BNPB Pusat.

 

Selanjutnya, BPKA melaporkan jumlah ASN 31 orang, 1 orang izin. Pelaporan keuangan Kabupaten Sergai disampaikan telah menggunakan aplikasi SIPD yang telah terintegrasi dengan Kemendagri. Keuangan OPD telah dilaksanakan dengan baik dengan keseluruhan OPD melaksanakan tepat waktu dan sesuai ketentuan yang berlaku. Dinas Kesehatan melaporkan jumlah ASN 57 orang dengan tingkat kehadiran seratus persen. Dan kesiapan terkait persiapan menuju HUT Kabupaten Sergai ke-17 kami akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan dasar, pemberian makanan tambahan, operasi katarak gratis, Rapid Test Gratis, pemeriksaan kanker gratis, serta kegiatan sosial lainnya seperti sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang menyentuh langsung kepada masyarakat.

 

Sedangkan pada Dinas Pendidikan menyampaikan laporan jumlah ASN 35 orang, dengan 1 orang tidak hadir karena sakit, tenaga kontrak 58 orang yang kesemuanya hadir. Disampaikan laporan bahwa melalui rapat terakhir sesuai arahan Gubsu, Pembelajaran Tatap Muka masih belum diizinkan dan tetap menjalankan pembelajaran secara daring sampai waktu yang belum ditentukan. Namun demikian Dinas Pendidikan terus memantau dan menginstruksikan para guru untuk tetap menyusun RPP dan menyampaikan materi pembelajaran kepada para siswa.

 

Guna menyambut HUT Sergai ke-17, Dinas Pendidikan menyiapkan kegiatan penanaman pohon masing-masing 10 pohon di seluruh SD/SMP Negeri yang ada di Kabupaten Sergai.

 

Dinas Lingkungan Hidup melaporkan jumlah ASN persiapan menuju HUT Sergai ke-17 akan melaksanakan kegiatan gotong royong dibeberapa titik di Kecamatan Dolok Masihul dan Sei Rampah serta fokus pada pembenahan TPA Sampah di Belidaan agar lebih baik lagi.

 

Sekdakab Faisal Hasrimy menyebut, dalam rangka HUT ke-17 Pemkab Sergai berencana menyelenggarakan beberapa kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat seperti gotong royong massal di daerah terdampak bencana banjir, serta bakti sosial dan pelayanan kesehatan. Kemudian HUT Sergai ke-17 ini akan ditandai dengan peresmian Masjid Agung Serdang Bedagai dan Miniatur Ka’bah sebagai hadiah monumental dari Pemerintahan Soekirman-Darma Wijaya kepada masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat.

 

Terakhir, Faisal menyampaikan berdasarkan laporan dari BKD, secara keseluruhan total tingkat kehadiran ASN dan Tenaga Kontrak di OPD dan Kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Sergai pasca libur bersama Nataru mencapai 96 %, pungkasnya. MC Sergai Vivi/Rini

289 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *