Sambut HUT ke-17, Pemkab Sergai Gelar Ragam Acara dengan Protokol Kesehatan

Sei Rampah,

Menyambut Perayaan Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ke-17 tahun 2021 yang jatuh pada 07 Januari mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai menggelar serangkaian kegiatan pemerintahan, pelayanan publik dan kemasyarakatan dengan tetap mengutamakan menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP saat ditemui di Ruang Kerjanya  Kompleks Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Senin (04/01/2020).

“ Membuka tahun 2021, Pemkab Sergai melaksanakan beberapa kegiatan untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, yang rencananya akan dimulai pada hari ini, 04 Januari sampai Jumat nanti, 08 Januari 2021,” buka Faisal Hasrimy.

Adapun kegiatan awal yang dilaksanakan pada tanggal 4 Januari, lapor Faisal, meliputi pelayanan kesehatan gratis antara lain pemeriksaan kesehatan dasar, penjaringan mata katarak, pelayanan KB, pemeriksaan Rapid Test dan pemeriksaan IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat) untuk mendeteksi dini kanker serviks.

Faisal menyebut, kegiatan ini akan dilaksanakan di 20 Puskesmas se-Kabupaten Sergai dan ditanggungjawabi oleh beberapa OPD yaitu Dinas Kesehatan, Dinas BP2AKBP3A dan Dinas Kominfo.

Lebih lanjut disampaikan Faisal, bahwa pada hari Selasa (05/01), akan dilaksanakan beberapa kegiatan kemasyarakat dan pelayanan publik seperti gotong royong, penyuluhan kesehatan, pendidikan dan literasi. “Gotong royong akan dilaksanakan di Desa Tinokah, Kecamatan Sipispis dan Dusun VI Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan. Gotong royong ini dilaksanakan berbarengan dengan perbaikan fasilitas publik berupa jembatan yang rusak di dua desa tersebut. Beberapa OPD seperti BPMD, BPBD, Dinas Perkim, PUPR dan LHK akan dilibatkan dalam kegiatan ini. Lalu di hari yang sama juga akan dilakukan penanaman 10 pohon mangga di seluruh SD dan SMP se-Sergai yang akan dikoordinir oleh Dinas Pendidikan,” katanya.

Ia menambahkan, penyuluhan kesehatan keliling pun akan dilaksanakan di 17 Kecamatan dan 243 Desa/Kelurahan se-Sergai, sedangkan untuk Road Show Cerdas (Perpustakaan Keliling) akan digelar di Desa Rambung Sialang Tengah dan akan ditanggungjawabi oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip. Masih di hari yang sama, Sekdakab menyebut juga akan dilakukan pemberian bantuan sembako kepada Panti Asuhan Nurzannah yang terletak di Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu yang diinisiasi oleh Dinas Sosial serta pemberian bantuan/bingkisan kepada UMKM Sergai oleh Bidang Kesra dan Korpri.

Kemudian esoknya, (06/01), Faisal menuturkan kegiatan akan dibuka dengan Upacara HUT Sergai secara virtual dan pemberian tali asih kepada PNS serta kursi roda kepada purna bakti ASN, dilanjutkan dengan gelaran TalkShow di Radio Sergai FM dengan mengangkat tema terkait vaksinasi Covid-19. Selanjutnya kegiatan berturut-turut disusul dengan senam lansia dan pemberian makan tambahan di RSUD Sultan Sulaiman, peletakan batu pertama pembangunan Monumen Moderasi Beragama Sergai di PPQ Al Wasliyah Firdaus bersama Kemenag dan terakhir lomba kuliner masak nasi goreng yang rencananya akan dilaksanakan di seluruh Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

“ Pada puncak acara HUT Sergai pada tanggal 07 Januari akan dilaksanakan Sidang Paripurna secara virtual di Aula DPRD Sergai. Lalu kembali diikuti dengan Road Show Cerdas lewat perpusatakaan keliling dan dilaksanakan di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Serbajadi. Kemudian acara dilanjutkan di Masjid Agung Sergai dengan menggelar syukuran berupa salat zuhur bersama, pemotongan nasi tumpeng, makan siang bersama, shalawat bersama, tausiah dan memberikan penghargaan kepada beberapa pihak dan peresmian serangkaian fasilitas publik dan keagamaan, termasuk miniatur Ka’bah di Masjid Agung dan Puskesmas di beberapa kecamatan,” jelasnya.

Faisal menyebut, serangkaian acara akan ditutup pada Jumat, 08 Januari 2021, dengan melaksanakan Sunat Massal di Puskesmas Dolok Masihul dan akan ditanggungjawabi oleh Dinas Kesehatan.

“ Seperti yang disebutkan di awal, seluruh rangkaian acara akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama berlangsungnya HUT kabupaten yang kita cintai ini. Kami berharap, walaupun dilaksanakan dalam situasi pandemi, acara tetap dapat berjalan dengan meriah, khidmat dan lancar serta tentunya diharapkan kerja sama serta sinergitas seluruh pihak terkait demi suksesnya acara,” tutup Faisal.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *