Sambut HUT Sergai ke-17, Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Gotong Royong

Dolok Merawan,

Menyambut HUT Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ke-17, Pemkab Sergai menggelar serangkaian kegiatan pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang dimulai sejak 04 Januari hingga 08 Januari 2021.

Salah satu agenda kegiatan hari ini, Selasa (05/01/2021), Pemkab Sergai melaksakanan kegiatan gotong royong sekaligus perbaikan jembatan yang terletak di Dusun II Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan.

Kegiatan ini langsung dimonitor oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP dan didampingi oleh para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, unsur BNPB, TNI, Polri, serta para perwakilan OPD.

Dalam keterangannya, Faisal menyampaikan jika jembatan yang merupakan akses jalan  berbatasan dengan Kabupaten Simalungun menjadi salah satu fasilitas publik yang mengalami kerusakan akibat bencana banjir yang menerjang sebagian wilayah Kecamatan Dolok Merawan beberapa waktu yang lalu.

” Kegiatan hari ini merupakan aksi preventif dan sinergitas yang dijalin oleh 3 Pilar yaitu Pemkab Sergai, TNI dan Polri untuk menanggulangi kerusakan jembatan yang tentunya berdampak langsung terhadap mobilitas warga dan juga memengaruhi perekonomian masyarakat di daerah ini,” paparnya.

Dirinya menyebut, untuk saat ini aksi preventif yang dilakukan adalah dengan memperbaiki pondasi dan melakukan penimbunan menggunakan material pasir dibantu dengan alat berat dan gotong royong personil Dinas PUPR, Satpol PP, serta perwakilan yang diutus oleh masing-masing OPD.

” Ini merupakan hal yang sangat positif di mana jelang bertambahnya umur Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, para aparatur dan masyarakat saling bahu-membahu, saling gotong royong dalam menghadapi dan menuntaskan tantangan yang terjadi. Hal ini juga menunjukkan, Sergai sebagai sebuah daerah telah tumbuh menjadi  dewasa, bukan saja dari segi usia namun juga semangat serta pola pikir masyarakatnya. Itu jadi kado terindah untuk Kabupaten kita,” puji Sekdakab.

Terkait rencana penanganan jangka panjang, Faisal Hasrimy menyebut dalam waktu dekat di tahun 2021, Pemkab Sergai dan BNPB akan bekerjasama untuk melakukan penanggulangan menyeluruh yaitu dengan membangun akses jalan yang memiliki daya tahan lebih baik.

” Harapan saya, semoga sinergitas ini dapat terus dijaga oleh masyarakat, oleh kita semua, karena segala permasalahan dan tantangan akan mampu dihadapi jika terjalin kekompakan dan sinergi. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap aktif menjaga lingkungan demi kebaikan bersama,” tandanya.

Sementara itu, Khairil Anwar Lubis, salah satu Perangkat Desa Dolok Merawan, menyebut kerusakan jembatan ini merupakan kejadian kali kedua karena beberapa bulan yang lalu jembatan yang sama juga mengalami kerusakan dan sudah dilakukan perbaikan, namun kembali rubuh akibat diterjang banjir.

” Semoga dengan berlangsungnya perbaikan lewat gotong royong hari ini serta rencana peningkatan kualitas jalan kedepan, bisa menuntaskan permasalahan ini. Kami juga berharap agar nantinya dibuat aturan terkait perawatan jembatan terutama perihal batasan tonase kendaraan yang melewatinya,” tutur Khairil.

Gotong Royong Tanpa Mengesampingkan Prokes

Meski kegiatan berlangsung dengan dihadiri ratusan personil, namun protokol kesehatan tetap berusaha dijalankan oleh seluruh pihak terlibat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes yang ikut serta hadir dalam kegiatan gotong royong.

” Tidak terhindarkan jika gotong royong ini akan menciptakan kerumunan. Namun karena sifat kegiatan ini urgent dan positif, maka kami dari Dinas Kesehatan turut serta melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dengan melakukan pembagian masker gratis dan sosialisasi physical distancing atau jaga jarak fisik untuk memastikan kegiatan berjalan aman selama masa pandemi seperti sekarang,” ucapnya.

Tanam Pohon Mangga Serentak

Sebelumnya di pagi hari, Sekdakab juga mengikuti kegiatan tanam pohon mangga yang dilaksanakan di SD Negeri No. 102132 Bangun Rejo, Kecamatan Dolok Merawan. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut HUT Sergai ke-17.

“ Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh SD dan SMP se-Kabupaten Sergai dan dilakukan masing-masing sekolah dengan menanam 10 pohon mangga. Harapannya, kegiatan ini menjadi bentuk kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan lewat aksi penghijauan. Kita berharap aksi ini bisa rutin dilaksanakan terutama di berbagai lembaga-lembaga pendidikan untuk sekaligus mengedukasi genarasi bangsa akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan lewat hal-hal sederhana,” cetusnya.(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *