Bupati dan Wabup Sergai Terima Kunjungan Sultan Deli XIV Beserta Rombongan Kedatukan Pangeran Bedagai

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wakil Bupati (Wabup) H. Darma Wijaya menerima kunjungan Sultan Deli XIV Tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam beserta rombongan Kedatukan Pangeran Bedagai (Pangeran Nara Kelana) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (5/1/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat terdapat berbagai macam suku. Dalam hal ini Kabupaten Sergai telah menerapkan dan membuat gebrakan dengan mewajibkan para ASN memakai pakaian Melayu yaitu Baju Kurung/Teluk Belanga dan menjadi pakaian kedinasan yang di gunakan dua kali dalam satu bulan tepatnya pada hari Jumat.

“ Sekali lagi kami ucapkan selamat datang dan kami berharap kedatangan Sultan Deli ini dapat membawa hal positif bagi masyarakat dan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini,” ujar Bupati.

Senada dengan Bupati Soekirman, Wabup Sergai H. Darma Wijaya juga mengutarakan rasa kesyukuran bahwa sampai pada hari ini masih diberikan kesehatan sehingga dapat hadir di tempat ini dalam rangka menyambut kedatangan Sultan Deli XIV Tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam beserta rombongan.

“ Kami merasa bangga dan mengucapkan terimakasih atas kehadiran Sultan Deli di kabupaten ini dan kami harap kehadiran Sultan Deli ini dapat membawa hal yang positif bagi masyarakat Kabupaten Sergai. Semoga silaturahmi ini akan tetap terjalin demi memajukan Kabupaten Sergai,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sultan  Deli XIV Tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam

mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sergai yang dengan hangat dan sangat baik menerima kedatangannya, karena ini pertama kalinya bertandang ke Kabupaten Sergai.

“ Sepengetahuan saya, saya adalah Sultan Deli yang kedua yang hadir di sini dan melihat kabupaten ini sangat berpotensi. Oleh karenanya, Saya berharap adat Melayu ini jangan sampai hilang di Tanah Bertuah. Saya juga sangat bangga dengan kebijakan yang dibuat oleh Pemkab Sergai terkait pemakaian baju Kurung/Teluk Belanga sebagai pakaian kedinasan yang wajib di pakai. Saya berharap siapapun pemimpin di Kabupaten ini, kedepannya akan tetap menjaga kerukunan dan melestarikan kebudayaan khususnya budaya Melayu,” pungkasnya.

 

Berziarah ke Makam Keluarga Pangeran Bedagai

 

Usai berkunjung di Aula Pemkab Sergai, rombongan kembali melanjutkan kunjungannya dengan menyambangi Masjid Jami’ Islamiyah Tanjung Beringin dan melakukan ziarah ke Komplek Pemakaman para Keluarga Kesultanan Kerajaan Bedagai yang berada di sekitar Kompleks Masjid Kecamatan Tanjung Beringin.

Wabup Sergai H Darma Wijaya yang turut serta dalam rombongan mengemukakan rasa kesyukuran bisa hadir bersama rombongan. Darma Wijaya menyebut, bahwa ziarah adalah salah satu praktik sebagian besar umat beragama yang memiliki makna yang sangat penting. Kadang-kadang ziarah dilakukan ke suatu tempat yang suci dan penting bagi keyakinan dan iman yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk mengingat kembali, meneguhkan iman atau menyucikan diri, ungkapnya.  (MC/Sergai/Rini/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *