Bupati dan Wabup Sergai Terpilih Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Sei Rampah,

Pasca H. Darma Wijaya dan H. Adlin Tambunan terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada pesta demokrasi 9 Desember 2020 lalu, DPRD Kabupaten Sergai menggelar Rapat Paripurna yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gedung DPRD Sergai, Sei Rampah, Selasa (26/01/2021).

Rapat ini sendiri beragendakan Pengumuman Usulan, Pengangkatan dan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Sergai sesuai dengan surat Gubernur Sumatera Utara nomor 130/289 tanggal 19 Januari 2021 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Serta Serah Terima Jabatan dan berdasarkan hasil sidang pleno KPU Sergai nomor 44/PK 01-BA/1218/KPU-Kab/I/2021, Keputusan KPU Sergai nomor 43/PL.02, 7-Kpt/1218/KPU-Kab/I/2021 tanggal 21 Januari 2021, Surat Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia nomor 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal keterangan perkara PHP-Gub/Kab/Kot tahun 2021 yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi beserta lampirannya pada tanggal 20 Januari 2021.

Hadir juga dalam rapat ini Bupati Sergai Ir. H. Soekirman lewat video conference Zoom, Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, S.H., S.E., Sekretaris Daerah Kabupaten Sergai H.M. Faisal Harimy, AP, MAP, jajaran Forkopimda, para Wakil Ketua, Anggota DPRD Kabupaten Sergai dan Kepala OPD dan Camat melalui video conference Zoom.

Membuka sambutannya, Bupati Sergai terpilih H. Darma Wijaya mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME atas amanah yang diberikan oleh masyarakat Sergai kepada dirinya dan H. Adlin Tambunan sebagai Wakil Bupati terpilih.
“Kita sebagai manusia adalah insan yang lemah di hadapan Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa. Semua yang kita miliki hari ini tidak akan mampu tercapai tanpa izin dari-Nya. Untuk itu kita mesti terus bersyukur untuk menunjukkan penghambaan kita sebagai mahluk-Nya,” katanya.

Darma Wijaya berharap apa yang terlaksana hari ini dapat memberikan preseden positif bagi perkembangan dan kemajuan proses demokratisasi di bumi Sergai.

“Kami mengucapkan terima kasih yang tiada terkira atas kepercayaan masyarakat Tanah Bertuah yang telah memberikan dukungan dan amanah ini kepada kami berdua. Semoga kepercayaan ini dapat menjadi penyemangat agar kami bisa mengabdi dengan kualitas terbaik,” harapnya.

Dia melanjutkan, dalam periode ke depan sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, pihaknya akan berupaya mewujudkan Sergai yang Maju Terus (Mandiri, Sejahtera dan Religius) sebagai perwujudan visi yang telah disampaikan dalam kampanye beberapa waktu yang lalu.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Darma Wijaya menyatakan visi itu akan diurai ke dalam 5 butir misi yaitu yang pertama meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sehat, unggul, beriman dan bertakwa (Imtak) dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK); kedua menyelenggarakan pelayanan publik dengan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih dan baik (clean and good governance) sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku; ketiga meningkatkan potensi ekonomi kerakyatan yang berdaya saing dengan titik berat pada pertanian, kelautan dan perikanan, peternakan, pariwisata, usaha mikro kecil dan menciptakan iklim investasi yang kondusif sehingga berpotensi membuka lapangan pekerjaan baru sekaligus sebagai upaya mengatasi keterpurukan ekonomi di saat ini dan setelah pandemi wabah Covid-19; dan terakhir meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana infrastruktur dengan pemanfaatan sumber daya yang ada di desa-desa. Kabupaten, provinsi dan pusat yang terintegrasi dengan sektor-sektor lainnya dan melakukan pemberdayaan masyarakat di berbagai aspek serta meningkatkan ketersediaan fasilitas sosial fasilitas umum dan ruang publik untuk seluruh lapisan masyarakat termasuk anak-anak, perempuan dan kelompok di fabel.

“Nantinya visi dan misi tersebut akan dituangkan menjadi program kerja satu periode kepemimpinan yang selanjutnya akan diuraikan menjadi program kerja tahunan dan pada saatnya nanti kami memerlukan sumbang saran untuk bisa menjalani program kerja tahunan tersebut. Masukan dan arahan dari Bapak Soekirman yang nantinya akan menjadi Pinisepuh Kabupaten Sergai sangat kami perlukan karena pengalaman beliau akan menjadi referensi untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Sergai kedepannya,” ujar Darma Wijaya.

Darma Wijaya juga berharap kepada para anggota DPRD yang mempunyai pokok-pokok pikiran sebagai hasil proses maupun inisiatif diharapkan dapat digabungkan sebagai program kerja tahunan Pemkab Sergai dan masukkan tersebut tentunya sangat relevan dengan berbagai kebutuhan pembangunan di tengah masyarakat sebab anggota DPRD juga mempunyai tugas yang sama beratnya dalam rangka menyusun rencana pembangunan dalam jangka pendek maupun dalam jangka.

“Akhirnya kami berdua berdoa dan akan berusaha untuk maksimal mengemban amanah yang sangat berat ini. Semoga visi dan misi Pemkab Sergai yaitu Maju Terus (Mandiri Sejahtera dan Religius) dapat terwujud,” pungkasnya. MC Sergai Vivi/ Ardi

318 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *