Sergai Dukung Penuh Program GKPD dan PJAS BPOM

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melalui Asisten Administrasi Umum, Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si, mengapresiasi dan mendukung penuh program untuk menjamin keamanan pangan desa, pasar dan anak sekolah yang digagas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).  Hal ini disampaikannya saat menerima audiensi Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan Medan, di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai, Sei Rampah, Senin (08/02/2021).

“Yang pasti apapun program yang dasarnya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, tentu saja kami dari Pemkab Sergai ikut mendukung dan semaksimal mungkin berkontribusi,” kata Irwani Jamilah.

Dirinya menuturkan kalau program ini bisa dijajaki untuk nantinya disinergikan dengan program yang sudah ada di Kabupaten Sergai.

“Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Pasar Aman Bebas dari Bahan Berbahaya dan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) ini merupakan program prioritas nasional yang bertujuan untuk memasyarakatkan paradigma sehat, apalagi isu kesehatan menjadi aspek perbincangan yang penting belakangan ini dengan situasi pandemi yang masih belum usai. Namun fokus terhadap pandemi tidak boleh mengendurkan usaha kita bersama untuk meningkatkan bidang kesehatan lain yang perannya tidak kalah penting,” paparnya.

Secara khusus Irwani Jamilah menyoroti risiko anak-anak dalam mengonsumsi penganan di sembarang tempat yang tentu berpotensi negatif terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya.

“Generasi muda ini yang rawan sekali mengkonsumsi entah itu jajanan atau panganan lain yang mungkin tidak diproduksi secara baik. Memang saat ini kegiatan belajar-mengajar sementara dialihkan secara daring, namun itu tidak menutup kemungkinan mereka mengonsumsinya di luar sekolah. Sehingga penting usaha preventif bersama, tidak hanya orang tua, keluarga atau pihak sekolah, namun dari unsur pemerintah yang lebih luas untuk kemudian sama-sama menjaga anak-anak kita. Mereka adalah penerus kita,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar BPOM Medan I Made Bagus Gerametta, mengatakan program GKPD dan PJAS ini merupakan gerakan nasional untuk memastikan aspek pangan yang aman, bermutu, dan bergizi melalui peran serta aktif yang lebih terpadu dari seluruh kementerian, lembaga pemerintah, dan lintas sektor di pusat maupun daerah serta pemberdayaan komunitas sekolah.

“Kami berharap kita semua bekerja sama mendukung keberlangsungan dan keberlanjutan program BPOM ini agar masyarakat Indonesia, terkhusus Kabupaten Sergai, terbebas dari pangan yang tidak aman dan berisiko terhadap kesehatan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan, Plt. Kadis Pendidikan Batara Rival Harahap, S.Sos, MSi,, Sekretaris Dinas PMD Dra. Syahriati Lubis, mewakili BAPPEDA serta mewakili Dinas Kesehatan. MC Sergai Vivi/Ardi

239 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *