Wabup Sergai Terima Audiensi KADIN Sumut

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Darma Wijaya, Senin (15/2/2020) menerima kunjungan audiensi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara beserta jajaran di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Dalam audiensinya, Ivan Iskandar Batubara mengemukakan bahwa KADIN merupakan organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak dibidang perekonomian. Organisasi ini didirikan pada 24 September 1968 silam serta telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri.

“ Seperti kita ketahui KADIN merupakan mitra kerja pemerintah yang merupakan amanat dari  UU. Oleh karenanya kepentingan usaha di dalamnya harus dijaga, khususnya pada masa pandemi ini agar mempunyai dampak positif di berbagai bidang usaha,” terangnya.

Ivan Iskandar Batubara menyebut, bahwa recovery untuk pemulihan ekonomi diberbagai bidang usaha menjadi fokus utama saat ini. Dengan demikian, kedatangan kami bertujuan untuk memberikan informasi sekaligus menyampaikan program vaksin mandiri yang diprakarsai oleh KADIN agar vaksin mandiri ini sesuai strukturnya serta bekerjasama dengan pemerintah.

“ Semua ini kita lakukan untuk mempercepat recovery perekonomian di negara kita, oleh sebab itu butuh kerjasama dengan seluruh elemen demi tercapainya tujuan bersama,” ungkapnya.

Ivan juga prihatin saat menyoroti industri pariwisata di Sumut yang dirasa masih belum optimal. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, sektor pariwisata sangat berpengaruh dimana banyak elemen yang merasakan dampaknya terhadap penurunan kestabilan perekonomian.

Dalam situasi pandemi ini, Ketua KADIN Sumut optimis kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah dikelola oleh desa di Kabupaten Sergai. Menurutnya, desa dapat melakukan optimalisasi dengan lebih menghidupkan potensi BUMDes dengan berbagai jenis usaha yang diperlukan oleh masyarakat.

“ Kami berharap pemerintah daerah dapat bekerjasama dengan  para pengusaha khususnya di Kabupaten Sergai untuk bersinergi dan bangkit dari pandemi Covid-19 guna kemajuan dan kesejahteraan kita bersama,” pungkas Ketua KADIN Sumut.

Menanggai hal tersebut, Wabup Sergai H. Darma Wijaya mengucapkan terimakasih dan menyambut baik kedatangan jajaran KADIN Sumut di  Kabupaten Sergai.

Wabup Darma Wijaya yang hadir didampingi Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin dan Kepala OPD, menyebut, hendaknya pola pikir kita dimasa pandemi ini harus mengacu pada teknologi, telebih bagi pelaku usaha (UMKM) di Kabupaten Sergai yang saat ini merasakan dampak penurunan perekonomian.

“ Adanya pembangunan jalan tol yang melintasi Sergai, berpengaruh bagi UMKM yang menjajakan dagangannya di sekitaran Jalan Lintas Sumatera. Dampaknya, banyak mobil yang lewat jalan tol sehingga UMKM sepi pengunjung dan tak sedikit pula yang harus gulung tikar. Oleh karena itu, Wabup berharap para pelaku usaha mikro dapat memanfaatkan teknologi seperti melakukan promosi di media sosial melalui android yang dimilikinya,” katanya.

Sebagai Ketua KADIN Sergai, Darma Wijaya berharap kehadiran KADIN Sumut dapat membuka peluang usaha sekaligus berkeinginan agar investor yang masuk di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dipermudah dalam perizinanya sesuai peraturan yang berlaku demi kemajuan ekonomi masyarakat.

Selain itu, Wabup juga menginginkan agar sektor pariwisata di Kabupaten Sergai menjadi wisatanya orang Sumut dengan mengandalkan pesisir pantai dan keindahan Pulau Berhala serta tempat wisata lainnya. Dengan majunya pariwisata maka akan membawa dampak baik bagi ekonomi kerakyatan.

“ Kepada generasi muda jangan hanya ingin menjadi pekerja saja, namun kita harus bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Tidak usah gengsi, lakukan usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada serta ikuti aturan yang berlaku,” ujar Wabup seraya memberikan motivasi kepada kaum milenial dengan tujuan agar Kabupaten Sergai menjadi kabupaten yang lebih mandiri. MC Sergai/vivi/rini

343 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *