Sergai Programkan 120 “Kampung Tangguh “

Pantai Cermin,

Pelaksana harian (Plh) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. M Faisal Hasrimy, AP, M.AP diwakili Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemum Kesra) Hj Nina Deliana, S.Sos, M.Si menghadiri acara Peresmian Kampung Tangguh di Objek Wisata Pantai Pondok Permai, Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (23/2/2021).

Dalam sambutannya, Plh Bupati Sergai melalui Asisten Pemum dan Kesra Hj. Nina Deliana, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa hingga saat ini sudah ada 22 Kampung Tangguh yang telah diresmikan. Begitupun dengan hari ini, selain di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, juga diresmikan Kampung Tangguh pada 3 (tiga) kecamatan yaitu Kecamatan Perbaungan di Desa Bengkel, Kecamatan Pantai Cermin di Desa Celawan, Desa Pantai Cermin Kiri, Desa Pantai Cermin Kanan dan Kecamatan Pegajahan di Desa Bengabeng.

“ Kampung Tangguh ini merupakan program dari jajaran Kepolisian, hal ini agar Kepolisian berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan pemberdayaan desa yang disebut “Kampung Tangguh” di seluruh desa/kelurahan, termasuk di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Dalam hal ini, Kapoldasu juga menginstruksikan kepada Polres dan Pemda masing-masing untuk sebanyak-banyaknya membentuk Kampung Tangguh di Provinsi Sumut,” sebut Nina.

Kemudian untuk Polres dan Pemkab Sergai, lanjutnya lagi, diprogramkan sebanyak 120 Kampung Tangguh. Sedangkan Kampung Tangguh yang dimaksud adalah ketangguhan bidang kesehatan dan penanganan Covid-19, ketangguhan dalam hal ketahanan pangan dan ketangguhan dalam ketahanan keamanan (kamtibmas)

Oleh karenanya, Asisten Pemum dan Kesra mengajak seluruh yang hadir untuk mewujudkan dan memedomani sekaligus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selanjutnya bersinergi dalam mendukung terwujudnya Kampung Tangguh dan menyukseskan vaksinasi untuk pencegahan pandemi Covid-19 Sergai.

Diakhir sambutannya, Hj Nina Deliana berpesan agar perangkat desa menggunakan  Dana Desa untuk kesuksesan Kampung Tangguh, namun tetap berkoordinasi dengan Dinas PMD dalam penggunaannya. Selain itu lakukan juga koordinasi kepada dinas terkait bidang ketahanan pangan dan dinas terkait lainnya.

“ Kampung Tangguh yang dibentuk jangan dibiarkan begitu saja dan lakukan pembinaan serta pemberdayaan agar terus berkembang. Tiru Desa Bingkat yang sudah menjadi Kampung Tangguh terbaik 1 Tingkat Provinsi Sumut,” pungkas Nina.

Hadir dalam acara, Kapolres Sergai diwakili Kasat Binmas, AKP Syarifuddin beserta Kapolsek Pantai Cermin dan jajarannya, Anggota DPRD Sergai Meriyanto, Kepala OPD, Camat, Tokoh Masyarakat, Kades serta undangan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan hasil pertanian dan UMKM Desa Tangguh Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin dan Pegajahan. MC Sergai/vivi/rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *