Pemkab Sergai Tingkatkan Optimalisasi Zakat dan Infaq ASN

Sei Rampah,

Optimalisasi zakat dan infaq yang bersumber dari Aparatur Sipil Negara (ASN) beragama Islam di Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) merupakan salah satu program yang digaungkan oleh pasangan Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, di masa kampanye.

Bentuk dari realisasi janji tersebut terlihat saat Wakil Bupati Adlin Tambunan hadir sekaligus membuka acara sosialisasi Optimalisasi Zakat dan Infaq yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (25/03/2021).

Sebagai salah kewajiban umat Islam dalam mengatur kepemilikan harta, Adlin menyebut zakat dan infaq memiliki manfaat dan dampak yang besar dalam meringankan beban masyarakat.

“Sudah sepatutnya ASN, terkhusus di lingkungan Pemkab Sergai, rutin menyalurkan zakat yang berasal dari rezeki dan pendapatan. Manfaat dari menunaikan ibadah ini tentu sangat penting terutama bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” buka Wabup Adlin dalam sambutannya.

Ia percaya, dengan menyisihkan sekain persen dari pendapatan yang diperoleh untuk zakat dan infaq, Insya Allah, rezeki yang diterima lebih berkah dan berguna.

“Itulah kenapa Bapak Bupati H. Darma Wijaya membuat kebijakan terkait hal ini yang kemudian tertuang dalam Instruksi Bupati Sergai No. 18.3/451.1.2/1740 Tahun 2021 tertanggal 22 Maret 2021. Ini merupakan salah satu langkah yang menunjukkan dukungan dan kepedulian kami dalam proses pembangunan yang juga melibatkan peran penting penerapan nilai-nilai baik agama,” cetusnya.

Nantinya, lanjut Adlin, zakat dan infaq yang dikumpulkan akan dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sergai dan kemudian akan disalurkan kepada beberapa kelompok sasaran seperti bilal mayit, penggali kubur dan guru mengaji. Sedangkan bagi ASN non-muslim, kepedulian dengan menyisihkan sebagian rezekinya sudah terkoordinir dalam program GAK (Gerakan Amal Kasih) dan akan menyasar guru sekolah minggu, Sintua atau kelompok lain yang membutuhkan.

“Kita perkirakan zakat dari ASN yang beragama Islam mencapai sekitar 5.6 miliar rupiah setahun. Itu semua akan dikelola dengan transparan dan akuntabel oleh Baznas Sergai,” katanya.

Dalam acara yang sama, dilaksanakan pula penyerahan santunan Jaminan Kematian bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan serta launching penyerahan kartu kepesertaan BPSJ Ketenagakerjaan kepada bilal mayit, guru mengaji, penggali kubur, Sintua, guru sekolah minggu dan tenaga kebersihan.

Hadir dalam kegiatan ini para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, para Camat, Ketua MUI Sergai H. Hasful Huznain, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Morawa Nurmansyah. (MC/Sergai/Ardi)

23 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *