Pemkab Sergai Targetkan Cetak 1.000 Hektar Lahan Persawahan Baru

Sei Rampah,

Sebagai upaya dalam mendukung program Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan Indonesia swasembada beras, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) hingga tahun 2024 menargetkan akan mencetak 1.000 hektar lahan baru yang akan dijadilan lahan persawahan, kata Bupati Sergai H Darma Wijaya disela-sela rutinitasnya di Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (1/4/2021).

“ Pada hari Minggu lalu (28/3/2021) saya baru saja meninjau potensi persawahan baru di Kecamatan Pantai Cermin. Rencanya disekitar areal tersebut akan dibangun infrastruktur irigasi persawahan yang selama ini dikeluhkan patani. Kabupaten Sergai ini  merupakan lumbung padi terbesar setelah Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara (Provsu). Oleh karenanya, setelah program mencetak 1.000 hektar lahan persawahan yang baru, diharapkan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat akan menjadi lumbung padi terbesar di Sumut,” harap Bupati.

Bupati menyebut, hingga tahun 2024, kami akan bekerjasama, bersinergi untuk menggandeng tokoh masyarakat dan kelompok tani agar target cetak lahan persawahan baru dapat terealisasi.

Terdapat beberapa kecamatan yang memiliki potensi lahan persawahan, khususnya di  Kecamatan Bandar Khalipah, Teluk Mengkudu, Pantai Cermin dan Perbaungan,”tambahnya.

Bupati menceritakan bahwa salah seorang petani di Kecamatan Pantai Cermin, Syaiful Amri yang mengatakan jika potensi Sergai sangatlah besar dan bagus. Cetak lahan persawahan baru ini juga dapat menambah aset pemerintah.

” Dihadapan saya, Syaiful Amri menyampakan harapan terhadap pemerintah daerah untuk membantu pembangunan dan perbaikan infrastruktur irigasi sehingga dapat memudahkan petani dalam menggarap lahan persawahannya yang akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani,” ungkap Bupati.

Diceritakan kembali oleh Darma Wijaya, bahwa Syaiful Amri beserta petani lainnya yang ada di Kecamatan Pantai Cermin telah berhasil mencetak lahan persawahan baru sekitar 50 hektar dan diharapkan tahun ini bisa menambahnya menjadi 60 hektar.

“ Pemkab Sergai akan berupaya memenuhi kebutuhan para petani dalam menggarap lahan persawahan, demi meningkatkan produksi padi dan menjadikan Sergai sebagai lumbung padi terbesar di Sumut,” pungkas Bupati Darma Wijaya. MC Sergai/rini/ardi/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *