Resmikan UPT Puskesmas Dolok Masihul, Bupati Sergai: “ASN Melayani, Bukan Dilayani”

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya meresmikan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Dolok Masihul, Kecamatan Dolok Masihul, Senin pagi (05/04/2021).

Dalam kesempatan ini, Bupati Sergai langsung menyampaikan jika, sesuai amanah Presiden RI, para ASN harus berorientasi melayani masyarakat, bukan malah dilayani, apalagi untuk urusan sepenting bidang kesehatan.

“ Saya berharap dengan adanya fasilitas baru yang diresmikan hari ini, kualitas pelayanan kepada masyarakat yang berobat kesini juga semakin tinggi,” ucap Darma Wijaya.

Kepada para dokter dan Kepala Puskesmas, Bupati meminta agar tinggal dan menetap di daerah bertugasnya masing-masing. Hal ini penting sifatnya untuk meningkatkan kesiapsediaan para tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“ Saya berpesan kepada para dokter dan perawat supaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Sergai ini. Saya juga minta agar puskesmas memberikan rujukan ke RSUD Sulaiman Sulaiman. Maksimalkan sumber daya dan sarana dan prasarana lokal kita,” tutur Darma Wijaya.

Di kesempatan ini, Bupati pun berharap agar dalam waktu dekat Kecamatan Dolok Masihul yang merupakan daerah dengan penduduk ketiga terbesar se-Sergai, setelah Perbaungan dan Sei Rampah, bisa memiliki rumah sakit sendiri.

“ Kita harapkan tahun depan pembangunan RS di wilayah ini bisa terealisasikan. Dilihat dari jumlah penduduknya, Dolok Masihul sudah layak punya RS sendiri. Bukan apa-apa, ini bertujuan supaya warga Dolok Masihul tidak perlu lagi pergi cukup jauh kalau ingin mencari pelayanan kesehatan di rumah sakit,” pungkas Bupati.

Membuka laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, mengucapkan rasa syukur karena UPT Puskesmas Dolok Masihul ini termasuk salah satu layanan kesehatan terbaik di Sergai, bahkan di Provinsi Sumut. Ia menerangkan, untuk pembangunan Puskesmas Dolok Masihul ditampung dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2018.

“Puji syukur, pembangunan berjalan lancar berkat dukungan seluruh pihak, baik Pemkab Sergai maupun pemerintah pusat. Saya juga tak lupa ingatkan kalau di tahun ini kita akan menjalani mekanisme reakreditasi. Untuk itu diminta kepada seluruh pihak supaya bekerja maksimal melayani masyarakat, jaga performa layanan kita. Kita tentu sama-sama berharap supaya puskesmas ini bisa memperoleh akreditasi. Apalagi di kecamatan ini belum ada RS dan konon sekitar 72 % masyarakatnya memilih berobat di RS di luar Sergai. Mudah-mudahan di tahun 2022 kita bisa bangun RS pratama di Dolok Masihul,” tandas Bulan.

Salah satu Tokoh Masyarakat Dolok Masihul, Amran Bakri, menyampaikan harapannya agar pelayanan kesehatan di Dolok Masihul semakin membaik dengan adanya fasilitas layanan kesehatan yang baru ini.

“Besar harapan yang kami lekatkan kepada puskesmas yang dibangun dengan megah dan modern ini. Semoga fasilitas yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Beberapa kali kami mendengar sikap kurang kooperatif petugas pelayan kesehatan kepada masyarakat. Saya harap hal semacam itu tidak ada lagi karena bagaimana pun masyarakat punya hak mendapatkan layanan terbaik dengan ramah tamah sehingga yang sebelumnya sakit bisa kembali pulih,” tutur Amran.

Peresmian UPT Puskesmas Dolok Masihul ini juga ikut dihadiri oleh Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua Darma Wanita Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, para Kepala OPD, Camat, manajemen puskesmas, tokoh masyarakat dan para Kepala Desa di Dolok Masihul. MC Sergai/rini/ardi/vivi

27 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *