Sejahterakan Masyarakat Sergai Lewat Pemaksimalan SRG

Perbaungan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) H. Karno Siregar, SH, MAP, menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Perdagangan RI DR. Jerry Sambuaga, bertempat di Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Kamis (08/04/2021). Kunjungan kerja ini dalam rangka peninjauan gudang dan koordinasi kesiapan pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG) di Sergai dan juga dihadiri perwakilan OPD Provsu, Kepala Desa Kota Galuh Bima Surya Jaya serta stakeholder terkait.

Dalam sambutan Bupati Kadis Perindag,  menyampaikan 7 (tujuh) potensi utama yang dimiliki Kabupaten Sergai, yaitu sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan, UMKM, industri dan perdagangan.

“Untuk wisata, andalan kita salah satunya adalah wisata bahari karena garis pantai Sergai mencapai kurang lebih 55 KM. Pada bidang pertanian, Sergai sudah berstatus surplus padi. Diikuti dengan potensi hasil produksi lainnya, misalnya ubi kayu yang produksinya bisa mencapai 474.991 ton/tahun. Untuk sektor perkebunan meliputi kelapa sawit dengan jumlah produksi sebesar 1 juta ton pertahun dan karet mencapai 32 juta ton. Produksi yang tinggi juga ada dalam sektor perikanan dan kelautan yang mencakup perikanan budidaya dan tangkap,” jabar Bupati.

Ia melanjutkan, sektor UMKM Sergai diisi oleh seribu lebih UKM dan 43 ribu lebih usaha mikro dan kecil. Sementara, katanya, industri besar yang ada di Sergai berjumlah 34 unit, industri kecil dan menengah 2.221 unit dan sentra IKM sebanyak 12.

“Sedangkan pada sektor perdagangan, Pemkab Sergai mengelola 25 pasar rakyat yang terdiri dari 7 pasar harian dan 18 pasar pekanan.  Dari jumlah tersebut 5 pasar sudah direvitalisasi melalui bantuan pemerintah pusat. Untuk itu dalam kesempatan ini kami mohonkan kiranya Bapak Wakil Menteri dapat membantu kami dalam program revitalisasi pasar rakyat di Kabupaten Sergai kedepan,” ucapnya.

Di samping itu, masih kata Bupati, Sergai juga memiliki gudang SRG yang dibangun tahun 2010 melalui dana APBN, dan tahun 2020 Gudang SRG tersebut sudah ada pengelolanya yaitu PT. Dhirga Surya Sumatera Utara.

“Potensi Gudang SRG untuk menjadi pengaman bagi ketahanan pangan khususnya beras sangat tinggi karena disekitar gudang SRG yang berada di Kecamatan Perbaungan ada dua kecamatan tetangga yaitu Pantai Cermin dan Pegajahan. Dari tiga kecamatan ini kami sampaikan produksi gabah berjumlah ±118.500 ton pertahun, sedangkan kapasitas gudang srg sebesar 1.500 ton,” bebernya.

Bupati berharap kehadiran Wakil Menteri dapat menjadi motivasi bagi Kabupaten Sergai agar lebih semangat dalam menjalanlan tugas kewajiban untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kami di daerah sangat membutuhkan perhatian, bantuan, bimbingan dari pemerintah pusat agar kami dapat mempercepat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah. Mengingat terbatasnya APBD yang kami miliki, namun tidak membuat semangat kami kendor,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Menteri Perdagangan, DR. Jerry Sambuaga mengatakan saat ini di seluruh Indonesia total sudah ada 123 Gudang SRG yang diberikan oleh pemerintah pusat  kepada daerah. Namun sambungnya tidak seluruhnya beroperasi. Jerry menuturkan, ada beberapa kendala yang dihadapi seperti belum adanya pengelola, belum berlangsungnya transaksi atau transaksi yang dijalankan belum optimal.

“Pemerintah memberikan tanggung jawab pengelolaan kepada teman-teman di daerah, baik itu dalam segi manajemen dan operasionalnya. Tanggung jawab ini harus dijalankan dengan baik lewat pemberdayaan yang juga harus maksimal,” katanya.

Dirinya berharap, SRG yang sudah berjalan di Sergai dapat menjadi role model bagi daerah lain apalagi mengingat saat ini di Provinsi Sumut, jumlah SRG masih tergolong sedikit.

“Untuk menjadikannya program yang maksimal perlu banyak koordinasi. Kami dari Kementerian Perdagangan RI siap untuk bersama-sama mencari solusi dari kendala ataupun hambatan yang ada. Dan ini tentunya juga harus didukung dengan keinginan untuk belajar dan terus berinovasi,” tandas Jerry. MC Sergai Rini Ardi Vivi

698 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *