Sergai Siap Genjot UMKM Dalam Tingkatkan Potensi Produk  

Medan,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, menghadiri acara pameran produk-produk UMKM binaan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Medan bertempat di Focal Point Medan, Kamis (8/4/2021).

Hadir juga dalam kegiatan Wakil Menteri Perdagangan RI (Wamendag) DR. Jerry Sambuaga, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPETI) RI Sidharta Utama, Kadis Perindag Sergai H. Karno Siregar dan Pengurus HIPMI Medan.

Dalam sambutannya Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengemukakan  Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor siap membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia termasuk di Kabupaten Sergai.

Jerry Sambuaga menyebut, pameran yang berjudul Potensi Produk Ekspor Binaan HIPMI ini sangat bagus untuk terus dikembangkan di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“ Kami apresiasi HIPMI, karena kami bisa melihat pameran produk yang berpotensi ekspor. Melihat potensi yang sangat baik, tentunya ini bisa dibina dan dikembangkan. Oleh karenanya, kami siap mendukung serta berkolaborasi dan siap membantu pelaku UMKM yang ada di Sumut,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Wamendag, Balai Ekspor ini sudah berpengalaman dalam memberi pendampingan hingga mempersiapkan produk untuk diekspor.

” Kami punya Balai Ekspor untuk membatu UMKM mempersiapkan produk yang siap ekspor. Untuk menunjang hal ini, kami juga punya Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di 33 provinsi, sebagai ujung tombak kami,” katanya.

Kementrian Perdagangan juga akan menjalin kerjasama dengan instansi terkait sehingga proses pengurusan izin usaha serta pelatihan packaging UMKM lebih baik dan lebih menarik.

“ Terkait dengan pengurusan izin sudah dilaksanakan secara online dan sudah dipermudah agar pelaku UMKM dapat terus berkembang. Kita juga terus melakukan pendampingan dan pelatihan untuk packaging yang baik dan kita minta pelaku UMKM terus berinovasi,”tandasnya.

Disela-sela kegiatan, Wabup Sergai H Adlin Tambunan mengatakan bahwa Pemkab Sergai siap menggenjot pelaku UMKM yang ada di Sergai untuk meningkatkan potensi produknya.

” Sesuai arahan dari pak Wamen, kita akan genjot pelaku UMKM. Kita sudah mempermudah pengurusan perizinan dan memberikan pelatihan sehingga packaging nya menarik serta dapat dipasarkan keluar kota bahkan hingga ekspor ke luar negeri,”jelasnya.

Adlin Tambunan menambahkan, bagi pelaku usaha diminta untuk berinovasi mengemas dan memasarkan produk-produk UMKM nya. Selain itu agar para pelaku usaha dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mempromosikan produk-produknya sehingga dapat dikenal hingga ke luar daerah, pungkas Wabup. MC Sergai/rini/ardi/vivi

382 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *